Terminal Wonosari Akan Dikelola Pusat

oleh -
Terminal Dhaksinarga, Wonosari. KH/ Edo
iklan dispar
Terminal Dhaksinarga, Wonosari. KH/ Edo
Terminal Dhaksinarga, Wonosari. KH/ Edo

WONOSARI, (KH) –Pengelolaan terminal Dhaksinarga di Desa Selang, Kecamatan Wonosari saat ini sedang dalam proses akan diambil alih dan dikelola oleh Pemerintah pusat. Pemerintah Kabupaten Gunungkidul tidak akan lagi memiliki kewenangan dalam pengelolaannya. Kebijakan ini tidak hanya berlaku di Gunungkidul karena seluruh terminal tipe A akan dikelola oleh Pemerintah Pusat.

Suprapto selaku Kepala Sub Bagian Tata Usaha Unit Pelayanan Teknis Terminal Dhaksinarga mengatakan, bahwa hingga saat ini proses pengambil alihan pengelolaan terminal Dhaksinarga sedang berlangsung dan ditargetkan selesai sebelum akhir tahun ini. Pengambilalihan kewenangan ini sudah sesuai pada undang-undang No.23/2014.

Suprapto menjelaskan, pemerintah pusat sudah melakukan peninjauan sejak bulan lalu dan saat ini sudah melakukan vertifikasi. Proses kewenangan sepenuhnya sudah selesai dilaksanakan dan pemerintah kabupaten tidak akan lagi memiliki kewenangan untuk mengelola Terminal Dhaksinarga.

“Saat ini masih dalam proses dan terus melakukan koordinasi dengan Kementerian Perhubungan,” kata Suprapto saat ditemui KH diruang kerjanya, Selasa (19/4/2016) Pagi.

Diambil alihnya terminal Dhaksinarga oleh pusat tidak hanya terjadi di Gunungkidul, akan tetapi seluruh terminal dengan tipe A diseluruh wilayah nantinya pengelolaanya akan ditangani oleh pemerintah pusat. Menurutnya, dilihat dari segi pengelolaanya maupun dari segi ekonominya terminal akan lebih baik dikelola oleh pusat karena anggarannya akan lebih banyak daripada anggaran dari daerah.

“Kedepannya terminal Dhaksinarga ini akan lebih tertata dari sebelumnya,” pungkasnya. (Edo)

Komentar

Komentar