Tanpa Persiapan Khusus SMPN 1 Paliyan Juara

oleh -
Ilustrasi. Sumber :mbscenter.co.id
iklan dispar

PALIYAN,(KH)— SMPN 1 Paliyan beberapa waktu lalu berhasil menjuarai Lomba Perpustakaan Sekolah Kategori SMP tingkat Kabupaten Gunungkidul yang diselenggarakan oleh Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Gunungkidul.
Di ruang kerja, Waka Kurikulum SMPN 1 Paliyan, Sarjiyono S Pd menyampaikan, predikat juara 1 yang diraih hampir tanpa persiapan khusus ketika hendak menghadapi penilaian dari tim juri yang datang meninjau.
“Bersama Sri Sugiyati dan Suwasto selaku TU dan pustakawan, serta dibantu beberapa rekan guru, kita tidak merencanakan persiapan khusus. Kita hanya sepakat melakukan pengecatan tembok ruang perpus, karena memang sudah usang,” akunya.
Menurutnya, pengelolaan yang terus menerus rutin tiap hari, mampu membawanya lolos sebagai juara. Bukan sekedar kegiatan yang sifatnya kondisional, misalnya seperti ketika akan menghadapi lomba. Ada beberapa hal yang sudah menjadi kebiasaan terkait pengelolaan perpustakaan.
“Menjaga animo siswa untuk masuk dan betah di dalam perpus, yaitu dengan pengolahan buku meliputi; klasifikasi, katalogisasi, dan inventarisasi secara modern dengan sistem barcode. Kemudian, terkait pelayanan, aturan pinjam dan kepemilikan kartu anggota berjalan dengan tertib,” paparnya.
Ia menambahkan, saat ini perpustakaannya memiliki sekitar 18.000 eksemplar buku dengan jumlah mencapai 1.700 judul. Sekali waktu, pengurus perpustakaan bekerja sama dengan KPAD untuk meminjam buku untuk menambah koleksi yang kemudian dikembalikan setelah dipinjam oleh siswa-siswi SMPN 1 Paliyan.
“Memang belum rutin meminjam buku ke KPAD. Itu sebagai upaya agar siswa tidak bosan dengan koleksi buku yang ada. Kita juga kemas agar perpus menarik, seperti dengan pemberian rumus matematika pada meja baca yang tersedia,” kata Sarjiyono mengakhiri perbincangan.(Kandar/Tty)

Komentar

Komentar