SMP Negeri 1 Semin Menggelar Pameran Foto Pahlawan

oleh -
iklan dispar
SEMIN,(KH)–Momentum Hari Pahlawan yang jatuh pada tanggal 10 November setiap tahunnya disikapi dengan kegiatan yang berbeda-beda.Tentunya kegiatan tersebut merupakan cara untuk menghormati jasa para pahlawan yang telah gugur demi memperjuangkan kemerdekaan bangsa Indonesia.
Seperti halnya yang dilakukan oleh SMP Negeri 1 Semin yang mengemas hari ini Senin (10/11/2014) menjadi hari yang bernuansa kepahlawanan. Puluhan foto pahlawan terpampang di halaman sekolah. Setiap siswa satu persatu berkesempatan untuk melihat secara langsung sosok pahlawan yang mereka idolakan. Foto para pahlawan seperti Ki Hajar Dewantoro, Soekarno, RA Kartini, Patimura, Ahmad Dahlan dan pahlawan-pahlawan lainnya tampak hidup seakan memberikan pesan bahwa perjuangan masih harus dilanjutkan dan tidak cukup sampai di sini saja.
Wakil Kepala Sekolah urusan kesiswaan, Gandung Suroyo S Pd menjelaskan bahwa puluhan foto pahlawan tersebut sengaja ditampilkan untuk membangkitkan semangat kepahlawanan bagi siswa-siswi SMP Negeri 1 Semin.

 

“Tentunya menggugah semangat anak-anak kami agar lebih menghargai perjuangan para pahlawan. Tidak hanya sebatas menghargai saja, lebih lanjut diharapkan bisa meneladani semangat perjuangan beliau-beliau yang telah gugur memperjuangkan kemerdekaan Indonesia,” jelasnya.
Gandung menambahkan pada hari bersejarah tersebut SMP Negeri 1 Semin dikemas sehingga nuansa kepahlawanan benar-benar terasa.
“Khusus untuk hari ini kami putar lagu perjuangan disaat jam istirahat diantaranya halo-halo bandung, mars bambu runcing, maju tak gentar dan lagu perjuangan lainnya. Kegiatan belajar tetap berjalan seperti hari-hari biasanya,” tambahnya.
Selain pameran foto pahlawan, pembacaan puisi kepahlawanan dan pemutaran lagu perjuangan, upacara bendera juga dikemas berbeda dari upacara hari-hari biasanya. Upacara dipimpin oleh Drs. Wiji Lestari guru sejarah yang tentunya mengerti sejarah perjuangan para pahlawan menuju kemerdekaan. Petugas upacara pun diambilkan dari pasukan pleton inti sekolah. (Sidik/Bara)

Komentar

Komentar