SMKN 1 Girisubo Siap Cetak Lulusan Terampil Bekerja

oleh -
Kepala SMKN 1 Girisubo memberikan penjelasan profil sekolah. Foto: Rado.
iklan dispar
Kepala SMKN 1 Girisubo memberikan penjelasan profil sekolah. Foto: Rado.
Kepala SMKN 1 Girisubo memberikan penjelasan profil sekolah. Foto: Rado.

GIRISUBO, (KH)— Keberadaan sekolah kejuruan di wilayah Girisubo benar-benar membantu masyarakat wilayah ujung tenggara Gunungkidul dalam menyekolahkan anak-anaknya mereka dalam jenjang pendidikan siap kerja. SMKN 1 Girisubo terletak di Desa Jepitu Kecamatan Girisubo. Sekolah ini persis berada di sebelah timur Telaga Jepitu.

Kepala SMKN 1 Girisubo Drs Ris Riyadi MAcc menerangkan, SMKN 1 Girisubo saat ini mendidik sebanyak 380 siswa. Siswa yang melanjutkan sekolah kejuruan berasal dari wilayah Girisubo, Rongkop dan Tepus. “Siswa berasal dari  SMP Pelajar, SMP Muhammadiyah Purwodadi Tepus, SMPN 1 Girisubo, SMPN 2 Tepus, SMPN 3 Rongkop, dan SMPN 3 Girisubo,” ungkap Ris Riyadi.

SMKK 1 Girisubo menyelenggarakan 4 jurusan pendidikan kejuruan, yaitu Otomotif, TKJ (Teknik Komputer Jaringan), Multimedia, dan Akuntansi. Untuk mendukung kegiatan belajar-mengajar, sekolah ini telah memiliki gedung sampai peralatan dan perlengkapan praktek yang telah komplit.

”Semua fasilitas semua sudah lengkap mas, sesuai jurusan masing masing,” imbuh Ris Riyadi. Ia mengungkapkan juga bahwa sekolah juga memfasilitasi siswa untuk menciptakan iklim belajar yang berprestasi dan berkembang dari sisi ketrampulan kejuruannya. Siswa juga didorong untuk mampu berkompetisi dengan mengikutkan beberapa perlombaan untuk siswa SMK di luar sekolah. Dalam hal ini pihak sekolah juga memfasitasi dan mengantar dan mencukupi semua kebutuhan untuk perlombaan di luar sekolah.

Pembentukan watak disiplin diterapkan dengan menerapkan pengawasan yang ketat dalam proses belajar di sekolah. Setiap kelas dilengkapi dengan CCTV untuk memonitor keberlangsungan proses kegiatan di kelas. Ada petugas khusus yang setiap jam berkeliling untuk melakukan pengawasan. Siswa yang tidak masuk sekolah akan dikonfirmasi oleh pihak sekolah ke orang tua/wali muridnya, apabila dijumpai permasalahan maka pihak sekolah akan mengirimkan guru BK ke rumah siswa. Sekolah juga mengharuskan siswa yang berkendara sepeda motor untuk tertib berlalu lintas, demi keamanan dan kenyamanan harus memakai helm standar dan dilarang menggunakan knalpot blombongan.

Untuk kegiatan ekstrakulikuler, SMKN 1 Girisubo menyelenggarakan berbagai ekskul, yaitu: sepak bola, volley, taekwondo, pencak silat, tenis meja, pramuka, baca tulis Al Quran dan KIR (karya tulis ilmiah). Guru pembimbing ekstra kurikuler diambil dari guru dan beberapa diambil dari luar seperti pencak silat dan baca tulis Al Quran.

“Sekolah ini juga sudah dilengkapi komputer serta internet sebagai penunjang siswa dalam belajar, karena saat ini dalam (pengayaan) belajar, siswa juga bisa lewat brosing internet,” imbuh Ris Riyadi.

SMKN 1 Girisubo juga membuat jejaring dengan pihak dunia usaha dan industri untuk memfasilitasi lulusannya dapat terserap dalam dunia kerja. Sekolah juga  menjaga hubungan dengan para lulusan, beberapa lulusan SMKN 1 Girisubo yang telah masuk dunia kerja juga membantu dalam perekrutan tenaga kerja bagi siswa yang baru lulus. (Rado).

 

Komentar

Komentar