Sistem Irigasi Tenaga Surya Mampu Hemat Operasional Petani Bawang Merah

oleh -
Panen raya Bawang Merah di Playen. KH/ Wibowo.
iklan dispar
Panen raya Bawang Merah di Playen. KH/ Wibowo.

PLAYEN, (KH),— Balai Penelitian Agroklimat dan Hidrologi Partanian Bogor bekerja sama dengan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Yogyakarta mengembangkan pilot project penanaman bawang merah dan cabai merah pada lahan tandus.

Kepala Balai penelitian Agroklimat dan Hidrologi pertanian Bogor, Harmanto mengatakan, penguatan teknologi pertanian tersebut di uji coba dengan menanam bawang merah dengan sistem pengairan pompa tenaga surya dan mulsa.

Sistem pengairan pompa tenaga surya dinilai mampu meningkatkan hasil pertanian karena menghemat tenaga dan memiliki nilai ekonomis tinggi. Pompa tenaga surya ditempatkan berdekatan dengan dam parit dan air yang diangkat lalu digunakan untuk mengairi tanaman bawang merah.

“Pompa tenaga surya memiliki nilai ekonomis tinggi karena tenaga yang digunakan adalah tenaga matahari. Selain hemat tenaga, air yang diangkat kecepatannya dapat diatur sesuai dengan lebutuhan,” paparnya dalam Panen raya bawang merah di Desa Bleberan, Selasa 25 Juli 2017.

Harmanto juga mengatakan, sistem kedua yang digunakan adalah dengan sistem mulsa. Sistem bertanam dengan menggunakan plastik hitam yang digunakan untuk menutup gulanan tanah ini dikaji mampu menghemat air.

“Bertanam dengan mulsa juga dapat mencegah tumbuhnya gulma, rumput sehingga tanaman mampu berkembang secara optimal,” paparnya.

Kedua sistem teknologi pertanian tersebut dinilai mampu menghemat tenaga dan kebutuhan air petani sehingga sangat cocok dikembangkan di Kabupaten Gunungkidul dengan kondisi geografis yang tandus.

Sementara, koordinator Komunitas Taruna Manunggal Tani Tanjung I Supartono menegaskam, dengan dua sistem tersebut dapat meningkatkan hasil pertanian petani sehingga program pemerintah dalam swasembada pangan dapat tercapai.

Selain mencukupi kebutuhan hidup, penerapan dua sistem tanam tersebut diharapkan dapat menekan inflasi harga bawang merah dan cabai merah di pasaran. “Kita juga berharap pompa tenaga surya dapat di produksi secara masal dan mampu diapliksikan para petani untuk mengemat biaya produksi tanaman,” katanya. (Wibowo)

Komentar

Komentar