Sidak Menjelang arus Mudik dan Balik

oleh -
pemasangan stiker layak bagi bis. foto : Atmaja
kadhung tresno
pemasangan stiker layak bagi bis. foto : Atmaja
pemasangan stiker layak bagi bis. foto : Atmaja

WONOSARI,(KH) — Demi kenyamanan dan keselamatan para calon pemudik, Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) Kabupaten Gunungkidul  mengadakan inspeksi mendadak (sidak) terhadap armada Po Maju Lancar. Pengecekan difokuskan pada uji klakson, rem, perlengkapan darurat dan lampu bus, Kamis (09/07/2015).

Kepala Dishubkominfo Gunungkidul, Purnamajaya mengatakan, pihaknya melakukan pengecekan terhadap seluruh armada dalam kondisi layak jalan. “Kita lakukan pengecekan, terkhusus untuk angkutan lebaran harus memenuhi syarat,” ucapnya.

Tujuan sidak, agar para pengemudi maupun penumpang dapat menggunakan angkutan umum yang layak dan memepunyai standard di jalan. Demi keamanan dan keselamatan pemudik, seluruh armada yang dicek, harus sesuai standard kemanan dan keselamatan di jalan.

“Jika semua sudah memenuhi syarat dan layak jalan, maka akan ditempel stiker pada armada bus,” jelasnya.

Dalam sidak tersebut, dishub sempat mendapati beberapa bus yang belum mempunyai kelengkapan seperti pemecah kaca darurat dan pemadam api. Namun demikian, Dishubkominfo tetap memperbolehkan bus beroprasi setelah beberapa kekurangan yang ada, dilengkapi.

“Penting, sebuah kelengkapan darurat yang terdapat di dalam bus. Maka dari itu, untuk armada yang belum melengkapi kelengkapan, armada tersebut agar segera melengkapinya,” tandas Purnama. (Atmaja)

Komentar

Komentar