Sesuai Harapan, Batu Besar Yang Mengancam Rumah Berhasil Diturunkan

oleh -
Batu besar yang mengancam rumah warga berhasil dievakuasi. foto; istimewa/ Humas Polsek Purwosari.
kadhung tresno
Batu besar yang mengancam rumah warga berhasil dievakuasi. foto; istimewa/ Humas Polsek Purwosari.

PURWOSARI, (KH),– Evakuasi batu besar yang sebelumnya mengancam rumah warga berhasil dilakukan. Meski memang jatuhnya batu tersebut sedikit mengenai atap teras rumah Mintorejo, warga Padukuhan Widoro, Desa Giripurwo, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Gunungkidul.

Polsek Purwosari melalui Brigadir Chorniawan menginformasikan, upaya tersebut tergolong berhasil. Ancaman batu yang dimungkinkan dapat menimpa rumah sehingga mengakibatkan kerugian yang lebih besar dapat diminimalisir.

“Upaya evakuasi dilakukan sejak Sabtu, lalu. Karena terjadi hujan maka dilanjutkan Minggu, (28/1/2018),” katanya.

Upaya evakuasi dilakukan warga masyarakat bersama petugas Damkar dan anggota Polsek Purwosari. Dengan menggunakan alat dongkrak dan peralatan seadanya arah jatuhnya batu besar sesuai harapan.

“Evakuasi pada hari ke dua memakan waktu lima jam. Batu sempat mengenai teras rumah warga yang berada di dekat jatuhnya batu,” terang Brigadir Chorniawan.

Sebagaimana diketahui, sebelumnya batu besar berdiameter sekitar 5 meter yang berada di atas bukit sempat bergeser dari tempat semula dan dikhawatirkan mengancam rumah warga yang berada di bawahnya. Batu besar tersebut beruntung tidak menggelinding karena tertahan dua batang pohon. Dinilai sangat berbahaya maka upaya evakuasi dilakukan. (Kandar)

Komentar

Komentar