Seribu Warga Tabuh Kentongan Demi Piala Kapolres

oleh -
iklan dispar

WONOSARI,kabarhandayani — Lomba toklik dalam rangka menyambut bersih desa (Rasulan) Desa Kepek, Wonosari menyita perhatian warga Gunungkidul. Kurang lebih 1000 orang memukul kentongan secara bersamaan sepanjang jalan, mulai dari depan Alun-Alun Pemda hingga jalan Ky Ageng Giring atau Balai Kepek.
Koordinator acara, Ramiyo, mengatakan, lomba ini diikuti oleh 64 Rukun Tetangga (RT) yang ada di Desa Kepek. Masing-masing RT wajib mengrimkan wakilnya dengan jumlah minimal 10 orang. “Lomba ini baru pertama kali digelar tetapi mendapat antusias yang tinggi dari warga masyarakat,” ungkapnya, Sabtu (6/9/2104) malam, di sela acara.
Dia memaparkan, lomba toklek merebutkan piala bergilir dari Polres Gunungkidul. Lomba yang dimulai pukul 19.30 WIB dilepas langsung oleh Kapolres Gunungkidul AKBP Faried Zulkarnaen. Kapolres dalam sambutanya berharap, kegiatan ini dapat membantu meningkatkan Ketertiban dan Kemananan masyarakat.
Perwalilan RT masing-masing padukuhan berjalan mengambil start dari depan Alun-Alun Wonosari dan finis di Depan Balai Desa Kepek. Dalam perjalanan seluruh peserta menabuh kentongan yang diikuti dengan tetembangan.
Ramiyo menambahkan, selain lomba toklek, dalam rangka menyambut bersih desa, ada beberapa kegiatan yang telah dilaksakan, di antaranya lomba karaoke. Dalam lomba ini setiap padukuhan di wajibkan mengirimkan tiga wakilnya yang akan menyanyikan lagu pop, dangdut dan jawa.
“Untuk lomba karaoke dimenangkan oleh Padukuhan Sumbermulyo. Pada Minggu (7/9) pagi kita juga akan mengadakan senam sehat, dan dilanjutkan dengan jalan sehat keliling desa,” paparnya.Wawan warga Padukuhan Kranon, Desa Kepek mengaku, telah mempersiapkan lomba toklek sejak 2 minggu terakhir. Menurutnya, Toklik yang dilombakan tidak hanya asal bunyi, tetapi harus diselaraskan suaranya hingga menghasilkan nada yang tidak sumbang.
“Untuk mempersiapkan lomba Toklik, setiap malam di seluruh RT di Desa Kepek harus berlatih pukul kentongan. Bahkan, beberapa RT harus latihan gerak untuk mendapat nilai lebih dari juri,” pungkasnya.(Juju/Tty)

Komentar

Komentar