Seri Pembuka Voli Pantai Indonesia Open 2022 Digelar di Gunungkidul

oleh -
Voli pantai
Ketua Bidang Voli Pantai, PBVSI, Slamet Mulyono (baju putih) didampingi Ketua Panitia, Danang Anggoro (baju hitam). (KH/ Kandar)

GUNUNGKIDUL, (KH),– Seri pembuka kejuaraan Voli Pantai Indonesia Open 2022 bakal dihelat di Gunungkidul. Event tahunan skala nasional ini akan berlangsung di sirkuit nasional Voli Pantai di Pantai Sepanjang.

Ketua Panitia Pelaksana Kejuaraan Voli Pantai Indonesia Open 2022, Danang Anggoro mengatakan, agenda lomba sedianya digelar tahun lalu. Namun, karena pandemi COVID-19 merebak terpaksa ditangguhkan.

Gunungkidul dijadikan salah satu tempat penyelenggaraan tak lepas dari pengalaman penyelenggaraan voli pantai yang lebih bergengsi pada 2015 silam. Pada tahun itu sukses digelar event skala Asia Pasifik.

Selain itu, kawasan pantai Gunungkidul, diantaranya jenis pasirnya memang memenuhi kriteria pelaksanaan voli pantai. Bahkan Danang menegaskan, untuk DIY, event voli pantai hanya bisa digelar di Gunungkidul.

“Antusiasme peserta cukup baik. Hingga saat ini sudah ada 40 peserta dari 15 propinsi yang sudah melakukan pendaftaran,” kata Danang saat memberikan keterangan pers di Pantai Sepanjang di Kalurahan Kemadang, Kapanewon Tanjungsari, Rabu (15/6/2022).

Karena jumlah tim pendaftar cukup banyak, pihaknya menambah 1 hari guna pelaksanaan babak kualifikasi. Dua sistem pertandingan yang dipakai yakni dua lawan dua dan empat lawan empat.

Sehabis diselenggarakan di Gunungkidul, seri selanjutnya dilaksanakan di Pacitan. Kemudian jeda 2 minggu, lalu dilanjutkan di Pulau Bali lantas ditutup seri terakhir di Jakarta.

Ketua Bidang Voli Pantai, Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) Pusat, Slamet Mulyono menyampaikan, atlet nasional akan ambil bagian dalam kejuaraan ini. Dua orang diantaranya merupakan atlet voli pantai asal DIY. Para atlet ini sebelumnya turut menyumbang medali emas di SEA Games beberapa waktu lalu.

Atlet nasional dari DIY ada Adi Chandra dan Gilang Ramadhan. Tim dari propinsi lain akan diperkuat Rendi, Ashfiya dan lain-lain.

Voli pantai
Sirkuit voli pantai di kawasan Pantai Sepanjang Kabupaten Gunungkidul. (KH/ Kandar)

Kejuaraan juga menjadi ajang pembinaan. Anggota dalam tiap tim akan diisi atlet nasional dan pemain yang berasal dari propinsi peserta. Pemain yang jadi anggota tim bersama atlet nasional akan belajar dari pengalaman saat ikut kejuaraan ini.

“Disamping mereka akan mendapat pelatihan dari pelatih, event ini juga akan mendongkrak kemampuan pasangan atlet nasional itu,” tutur Slamet.

Menegaskan keterangan Danang, karena peserta banyak, ada dua babak yang digelar, yakni babak kualifikasi dan babak utama. Babak utama ada 24 tim, 16 tim dari masing-masing propinsi langsung babak utama, sisanya ikut babak kualifikasi.

Voli pantai yang digelar di sirkuit nasional Pantai Sepanjang ini dijadwalkan berlangsung dari tanggal 22 hingga 26 Juni 2022.

Sekretaris Dinas Pemuda dan Olahraga Gunungkidul, Harry Sukmono mengaku masih terus menyiapkan sejumlah fasilitas pertandingan dan tribun penonton.

“Kapasitas tribun mampu menampung 450 penonton. Penonton tak akan dipungut tiket, cukup membayar retribusi di Pos Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) Baron.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul, Arif Aldian berharap, event olahraga di destinasi wisata ini juga berdampak signifikan pada kunjungan wisata. (Kandar)

Berbagi artikel melalui:

Komentar

Komentar