Sempat Membahayakan, Gelombang Tinggi Berangsur Normal

oleh -
iklan dispar

TANJUNGSARI, kabarhandayani.– Gelombang laut yang menerjang deretan pantai di Gunungkidul pada Senin (11/8/201) pagi telah berangsur normal kembali. Pantauan KH di Pantai Baron pada Pukul 16.00 WIB air laut telah menjorok ke arah selatan dan terlihat puluhan pengunjung yang tengah bermain ombak di bibir pantai tanpa ada kekhawatiran ada ombak yang membahayakam.
Sudarjito salah satu anggota Tim SAR Wilayah Baron 2 mengungkapkan, gelombang laut tertinggi terjadi sekitat pukul 07.00 hingga 10.00 WIB. Menjelang pukul 11.00 WIB ketinggian ombak berangsur turun dan mulai normal menjelang sore hari.
“Ombak sudah agak normal, pengunjung juga telah diperbolehkan untuk bermain di area pasir pantai,” ujar Sudarjito.
Menurut Sudarjito, ketinggian air laut di pagi hari sempat mencapai lebih dari 15 feet. Terjangan ombak ini sempat memporak-porandakan deretan warung di bibir pantai.
Akibat dari terjangan ombak besar ini juga semakin mempersempit area parkir perahu nelayan di Pantai Baron. Beberapa perahu tampak semakin kehilangan tempat aman untuk bersandar.
Diperkirakan, gelombang akan semakin normal pada esok hari sehingga dinyatakan aman untuk wisatawan. Sesuai data yang diterima oleh Tim SAR Baron 2 kondisi ini akan berlangsung dalam beberapa pekan ke depan.
“Kondisi gelombang akan semakin turun sehingga wisatawan tidak perlu khawatir akan kondisi yang membahayakan,” pungkasnya. (Maryanto/Hfs)

Komentar

Komentar