Sambut Wisatawan, Berikut Letak Pusat Informasi Pariwisata dan Pospam

oleh -
Peninjauan Pospam Natal 2018 dan libur Tahun baru 2019 oleh Bupati, Polres, Kodim dan sejumlah jajaran OPD. KH
iklan dispar
Peninjauan Pospam Natal 2018 dan libur Tahun baru 2019 oleh Bupati, Polres, Kodim dan sejumlah jajaran OPD. foto: istimewa.

GUNUNGKIDUL, (KH),– Libur panjang Natal 2018 dan Tahun baru 2019 Pemerintah kabupaten (Pemkab Gunungkidul) mematok target jumlah kunjungan sebanyak 344.000 wisatawan. Untuk itu Pemkab telah menyiapkan Pusat Informasi Wisata di beberapa tempat.

Bupati Gunungkidul, dalam sebuah kesempatan, baru-baru ini mengatakan, Pusat Informasi Pariwisata disediakan di Dinas Pariwisata, di TIC Patuk, kawaasan Pantai Baron, kawasan rest area Bunder, rest area Saptosari, rumah makan, SPBU dan di masjid di jalur wisata.

“Antisipasi lalu lintas juga sudah dikoordinasikan dengan Polres Gunungkidul dan Dinas Perhubungan. Apabila terjadi kemacetan khususnya di kawasan Baron sampai Pok Tunggal akan dilakukan rekayasa lalu lintas,” jelas Badingah.

Dalam kesempatan yang sama, Kapolres Gunungkidul, AKBP Ahmad Fuady, SH, SIK, MH menyebutkan, dari pintu masuk pos utama Pantai Baron dan pos JJLS akan dilakukan rekayasa satu arah hingga sampai Pantai Pok Tunggal. Adapun untuk mendukung upaya pengamanan akan didirikan 3 pos mandiri dan 8 pos terpadu.

“Operasi Lilin Progo 2018 untuk pengamanan Natal dan tahun baru dilaksanakan dari tanggal 22 Desember hingga 2 Januari,” ujar AKBP Ahmad Fuady.

Pos pengamanan (Pospam) milik Polres dan Dishub diantaranya 3 pos mandiri berada di pos induk di Dinas Perhubungan, pos terminal Semin, dan pos Tanjungsari atau kawasan Pantai Baron. Lalu 8 pos terpadu berada di Siyono, Taman Parkir, JJLS, di Tepus, Pulegundes, Bejiharjo/Pindul, Saptosari dan Pulangsawal.

“Sasaran operasi ada 4 objek, salah satunya Kamseltibcarlantas atau keamanan keselamatan, ketertiban serta kelancaran lalu lintas baik bagi para wisatawan atau pemudik,” imbuh Kapolres.

Lanjutnya, objek yang kedua yakni pengamanan perayaan Natal bagi umat Nasrani. Setidaknya ada 128 tempat ibadah terdiri dari Gereja dan Kapel. Lalu objek pengamanan ketiga yakni malam puncak tahun baru. Ada dua titik konsentrasi masa yang akan dijaga yakni alun-alun Pemda dan puncak Hargodumilah.

Lantas objek yang ke 4 yakni pengamanan tempat-tempat wisata. Hadirnya banyak wisatawan juga menjadi fokus pengamanan yang akan dilakukan jajaran Polres Gunungkidul. Setidaknya dikerahkan tim gabungan sebanyak 1.107 personil. 725 personil dari Polres dan sisanya dari istansi dan lembaga lain. (Kandar)

Komentar

Komentar