Rumah Mungil Supiyem Dipermak oleh Komunitas Bursaneka

oleh -
kadhung tresno

PALIYAN, kabarhandayani— Berawal dari kehendak untuk bermanfaat terhadap sesama, sebuah komunitas terbentuk melalui komunikasi jejaring sosial facebook bernama Bursaneka Peduli. Komunitas yang mayoritas beranggotakan para wirausahawan ini terbentuk atas keselarasan gagasan, bahwa membantu sesama adalah salah satu tindakan yang mulia.
Pemuda yang lebih akrab dipanggil oleh teman-temannya Andi Batteryroyal, pembuat akun fb Bursaneka Peduli ini telah melakukan gerakan nyata bersama komunitasnya. Ia sering melakukan kegiatan bakti sosial kepada mereka yang kurang beruntung. Memberikan santunan, pemberdayaan usaha ternak, bedah rumah, dan masih banyak lagi.
Supiyem, nenek penyandang tuna netra yang tinggal sebatang kara di Padukuhan Banjaran Desa Karangasem Kecamatan Paliyan menjadi sasaran Bursaneka Peduli untuk menjalankan apa yang telah menjadi tujuan berdirinya komunitas tersebut. “Dari Anda Sepenuhnya Buat Mereka”, merupakan salah satu yel-yel yang mereka teriakkan untuk terus melakukan aksi sosial.
Minggu, 21/9/2014 menjadi hari yang sangat membahagiakan bagi Supiyem. Rumah mungil yang tadinya mayoritas terbuat dari bambu tersebut akan dibangun dalam waktu sehari. Meski hanya dengan meraba, ia merasakan dinding dan lantai rumahnya telah banyak berubah.
“Kita lakukan bedah rumah menjadi semi permanen, dengan total pembelian material Rp 6,5 juta, ditambah beberapa perabotan seperti tempat tidur, senilai Rp 2 juta,” ujar Andi, mewakili Alfin Sugiyanto selaku Ketua Komunitas.
Ia menambahkan, beberapa bagian rumah yang menjadi prioritas penggarapan seperti lantai, dinding dan atap. Dana yang digunakan berasal dari sumbangan anggota komunitas tersebut ditambah donatur yang telah percaya menitipkan sumbangan melalui Andi dan kawan-kawan.
“Selain berasal dari member fb sebanyak 2 ribuan, kita juga ada donatur dari TKW asal Hongkong. Seluruh dana yang masuk tak sepeser pun kita potong, operasional kita pakai uang sendiri,” jelasnya.
Anggota yang hadir dalam kegiatan tersebut mencapai hampir seratus personil. Beberapa tetangga Supiyem juga berdatangan untuk ambil bagian, ikut gotong royong mendirikan rumah. Mereka bahu membahu agar rumah rampung dalam sehari. (Kandar/Jjw)

Komentar

Komentar