Ribuan Wisatawan Masuk Lewat TPR Tepus

oleh -
iklan dispar

TEPUS, kabarhandayani,– Meski pengalihan jalur 1 arah telah diterapkan Satlantas Polres Gunungkidul yang mewajibkan pengunjung destinasi wisata pantai masuk dari arah barat, ternyata masih banyak wisatawan yang berkunjung melalui Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) Tepus. Bahkan pengunjung yang datang melalui TPR ini mencapai hingga ribuan.
Suroto, petugas retribusi di TPR Tepus menuturkan kebanyakan pengunjung berasal dari daerah Kecamatan Semanu atau daerah lain terdekat. Pintu masuk terdekat bagi wisatawan dari arah timur adalah TPR Tepus, sehingga tidak dimungkinkan bagi wisatawan yang berasal dari Wonogiri dan sekitarnya akan melalui jalan melingkar menuju Jalan Baron.
“Tapi yang paling banyak adalah pengunjung-pengunjung lokal sini saja. Sebenarnya di tiap pertigaan sudah dijaga petugas, tapi kami juga tidak tahu masalah itu, karena tugas kami cuma menarik retribusi bila ada yang masuk melalui TPR ini,” jelas Suroto, Jumat (1/7/2014).
Kunjungan terbanyak selama libur Lebaran hingga Jumat (1/8/2014), lanjut Suroto, terjadi pada Rabu (30/7/2014). Pada hari itu jumlah wisatawan yang masuk melalui TPR Tepus mencapai 1100 pengunjung.
“Yang paling banyak hari Rabu kemarin. Kalau hari lainnya masih di bawah seribu,” lanjutnya.
Suroto bersama 4 temannya melayani pengunjung mulai pukul 08.00-17.00 WIB. Setelah itu, penarikan retribusi dikelola oleh pemerintah desa setempat.
Perlu diketahui, TPR Tepus dalam beberapa hari selama libur Lebaran menempati pos darurat yang sifatnya sementara. Keberadaan sebuah pantai baru di lokasi ini menjadi alasan perpindahan TPR ini.
“Lokasi Pantai Pok Tunggal kan berada sebelum TPR. Jadi, sementara TPR dipindah di area ini, sehingga sebelum masuk Pok Tunggal sudah ditarik retribusi. Nanti pindah lagi ke pos yang asli sambil menunggu pembagunan pos TPR baru,” pungkas Suroto.(Maryanto/Tty)

Komentar

Komentar