Proses Seleksi Pamong Girisuko, Panggang jadi Polemik

oleh -
Panggang
Spanduk protes ada dugaan kecurangan proses seleksi perangkat Kalurahan Girisuko. (Istimewa)

GUNUNGKIDUL, (KH),– Proses seleksi pengisian perangkat Kalurahan Girisuko, Kapanewon Panggang, Gunungkidul menimbulkan polemik. Persoalan timbul lantaran lurah diduga bersiasat memenangkan salah satu calon.

Salah satu sumber yang bisa dipertanggungjawabkan, yakni perangkat kalurahan setempat menyebutkan, sebelum tiba waktu seleksi beredar percakapan via whatsapp (WA) berisi perintah lurah agar salah satu calon dimenangkan.

“Isi pesan berisi perintah agar salah satu peserta seleksi dimenangkan. Dugaan kami pesan berasal dari lurah ke ketua panitia seleksi yakni Carik,” katanya.

Warga yang mendengar rumor tersebut kemudian beraksi. Diantaranya dengan memasang spanduk-spanduk bahkan melapor ke Komisi A DPRD Gunungkidul.

Sebagai pamong, dia prihatin dengan oknum yang merecoki proses seleksi perangkat kalurahan. Selain melanggar aturan, dugaan rencana kecurangan tersebut membuat citra kalurahan buruk.

Anggota Komisi A DPRD Kabupaten Gunungkidul Sugeng Nurmanto saat dikonfirmasi mengaku telah mendapat laporan warga.

Bahkan, belum lama ini, Komisi A telah melakukan pemanggilan kepada Lurah, Panewu dan DPMKPPKB serta Bidang Hukum Setda Kabupaten Gunungkidul.

“Lurah mengklarifikasi bahwa sebenarnya tidak ada masalah lantaran saat ini pengisian Pamong masih dalam proses,” kata Sugeng menyampaikan hasil pemanggilan dan permintaan klarifikasi.

Lurah Girisuko, Jamin Paryanto saat dihubungi membantah dia menginstruksikan agar panitia memenangkan salah satu calon.

“Perintah saya itu intinya menyuruh agar belajar materi seleksi. Tidak benar saya menyuruh agar salah satu dimenangkan,” ujarnya. (Kandar)

Berbagi artikel melalui:

Komentar

Komentar