Program Serbuan 20.000 Vaksin dari TNI AU Dilangsungkan di Lanud Gading

oleh -
vaksinasi
Vaksinasi program serbuan 20.000 vaksin dari TNI AU. (KH/ Edi Padmo)
iklan golkar Gunungkidul

PLAYEN, (KH),– Vaksinasi untuk membentuk Herd Imunity betul-betul sedang digalakkan oleh pemerintah. Gerakan Vaksinasi masal banyak dilaksanakan oleh stake holder birokrasi maupun pihak-pihak swasta.

Salah satunya vaksinasi masal yang dilaksanakan oleh TNI AU dengan program serbuan vaksin. Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menjadi lokasi pelaksanaan program serbuan vaksin dari TNI AU tahap pertama. Dua titik lokasi vaksinasi di DIY bertempat di Lapangan Terbang Gading Gunungkidul dan Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) di Kulonprogo.

Seperti yang disampaikan oleh Danlanud Adisutjipto Marsekal Pertama TNI M Yani Amirullah, TNI AU melakukan serbuan vaksinasi di dua titik yaitu Lapangan Terbang Gading, Playen, Gunungkidul dan Bandara YIA.

“Masing-masing titik sasaran disiapkan 10 ribu vaksin sehingga secara keseluruhan ada 20 ribu warga yang akan divaksin melalui program ini,” terang M Yani, di sela-sela acara vaksinasi di Lanud Gading, Rabu (25/8/2021).

“Vaksinasi ini akan kita laksanakan selama 3 hari, dari tanggal 25 hingga 28 Agustus,” lanjut dia lagi.

Menurut M Yani, hari pertama pihaknya menargetkan sekitar 3000 orang mendapatkan tindakan vaksin. Namun jika peminatnya bertambah maka pihaknya tidak menutup kemungkinan akan menambah pasokan vaksinnya.

“Untuk mengantisipasi masalah rumah warga yang jauh, kami sediakan 17 armada Truk dan Bus untuk menjemput warga, sehingga animo masyarakat untuk vaksin bisa meningkat,” lanjut M Yani lagi.

Pemilihan dua wilayah ini, menurut Yani karena dinilai target capaian vaksinasinya masih rendah.

“Pengerahan armada penjemputan ini adalah upaya kami untuk memudahkan masyarakat yang rumahnya jauh agar mau vaksin, sehingga target bisa segera dicapai,” papar M Yani.

Danlanud menambahkan, untuk vaksinasi kali ini pihaknya menggunakan vaksin jenis sinovac sesuai yang mereka terima dari Kementrian Kesehatan. Vaksin ini mereka gunakan untuk memenuhi kebutuhan semua warga yang datang karena peserta kali ini mulai dari pelajar, masyarakat umum, lansia bahkan ibu menyusui.

tni au
Warga dan pelajar sedang antre untuk mendapatkan suntikan vaksin. (KH/ Edi Padmo)

“Lokasi Lanud yang sangat luas ini, juga memudahkan kami untuk penerapan aturan Prokes bagi peserta vaksin, terutama jaga jarak, dan seperti yang kita lihat masyarakat Gunungkidul cukup tertib mengikuti kegiatan vaksinasi ini walau harus antri,” terang M Yani sambil berkeliling lokasi.

Di lokasi vaksinasi Lanud Gading ini, pihak penyelenggara memang mendirikan tenda-tenda dan kursi, sebagai tempat berteduh para peserta. Tampak ribuan peserta yang akan mengikuti vaksinasi secara tertib mengikuti skrining proses sebelum diberikan suntikan.

“Untuk mempercepat pelayanan antrian, kami mengerahkan 20 tim medis vaksinasi yang kami datangkan dari Dinas Kesehatan TNI AU (Diskesau), tenaga kesehatan dari rumah sakit AU, Nakes dari Paskhas AU yang berasal dari Jakarta, Solo, dan Lanud Iswahyudi Madiun,”

“Vaksinasi kedua akan kami lakukan tanggal 28 September 2021 mendatang,” pungkasnya. (Edi Padmo)

Berbagi artikel melalui:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Komentar

Komentar