PPDB Hari Ke Dua, Kuota SMK Favorit Telah Penuh

oleh -
Ratusan pendaftar di SMK N 1 Wonosari memantau peringkat bobot nilai UN. KH/ Kandar
iklan dispar
Ratusan pendaftar di SMK N 1 Wonosari memantau peringkat bobot nilai UN. KH/ Kandar
Ratusan pendaftar di SMK N 1 Wonosari memantau peringkat bobot nilai UN. KH/ Kandar

WONOSARI, (KH)— Penerimaan peserta didik baru (PPDB) jenjang SMA/SMK pada hari ke dua ini, pada sekolah favorit diwarnanai dengan pengajuan pindah jurusan lain oleh pendaftar. Pasalnya adanya persaingan nilai dan daya tampung jurusan yang diinginkan telah terpenuhi.

Seperti yang terlihat di SMK N 1 Wonosari, puluhan pendaftar mengajukan pindah jurusan setelah pengumuman sementara pendaftaran ditampilkan oleh panitia. Disampaikan Ketua panitia PPDB Arif Rahmad, 3 dari 5 jurusan yang ada, jumlah pendaftar telah melebihi kuota.

Up date hingga tengah hari jurusan Administrasi Perkantoran dari kuota 128 murid, telah mendaftar 140-an calon siswa, begitu juga dengan jurusan Akuntansi dan jurusan Busana Butik, keduanya juga sudah penuh,” kata Arif, Rabu, (23/6/2016).

Ia mengatakan, penentuan penerimaan berdasarkan peringkat bobot nilai Ujian Nasional (UN) SMP berdasar kriteria yang ditetapkan, sehingga ratusan siswa terus memantau posisi peringkat nilainya pada jurusan yang diinginkan. Ketika nanti dirasa berada di peringkat bawah dan cenderung ada kemungkinan tergeser keluar dari peringkat terendah maka calon siswa lebih memilih mencabut dan mendaftarkan diri di jurusan lain.

Ditambahkan oleh Humas PPDB, Andanto, pihaknya yakin pada hari kedua ini seluruh jurusan dipastikan penuh, mengingat telah keluarnya Surat Keterangan Hasil UN (SKHUN) yang asli dari SMP sederajat. “Jurusan Multimedia dan Pemasaran saya yakin kuotanya menyusul terpenuhi,” ujarnya.

Sementara itu, di tempat lain, di SMK N 2 Wonosari, dari 7 program keahlian yang ada jumlah pendaftar secara keseluruhan telah melampaui jumlah daya tampung yang tersedia. Dari tujuh program keahlian itu dua diantaranya paling banyak diminati.

“Program keahlian favorit pada teknik permesinan dan teknik otomotif, dari daya tampung masing-masing 96 siswa, jumlah pendaftar mencapai 133 dan 108 pendaftar. Dari keseluruhan 629 pendaftar, telah melakukan pencabutan berkas sebanyak 46 siswa,” jelas Sriyanta salah satu guru. (Kandar)

Komentar

Komentar