Polres Gunungkidul dan Tim Gegana Siap Amankan 107 Gereja

oleh -
Kabagops Polres Gunungkidul Kompol Dedi Wijaya. Foto: Juju.
iklan dispar
Kabagops Polres Gunungkidul Kompol Dedi Wijaya. Foto: Juju.
Kabagops Polres Gunungkidul Kompol Dedi Wijaya. Foto: Juju.

WONOSARI, (KH) — Untuk mencegah aksi teror saat peringatan Natal, jajaran kepolisian Gunungkidul dan Polda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) akan menyisir 107 gereja yang ada di Gunungkidul.

Penyisiran akan dilakukan oleh Tim Gegana Polda DIY pada H-2 sebelum pelaksanaan natal. Tim gegana dari polda DIY akan bersiaga di gereja di antaranya Gereja Santo Petrus Kanisius Baleharjo, Santo Yusuf Bandung, Playen, GKJ Wonosari, Santo Petrus Paulus Kelor dan GKJ Wiladeg.

Kabagops Polres Gunungkidul, Kompol, Andreas Deddy Wijaya mengatakan, lima gereja yang memiliki jamaah terbanyak akan disisir menggunakan metal detektor otomatis oleh tim gegana dari polda DIY, sedangkan 102 gereja lainnya, pengamanan akan dilakukan dengan menempatkan personel keamanan gabungan

“Dalam operasi Lilin Progo 2014 ini, kita melibatkan 673 petugas gabungan. Untuk perayaan Natal, kita akan menempatkan tim gegana di gereja yang memiliki jumlah jemaah banyak,” kata Andreas usai mengikuti koordinasi pengamanan Natal dan Tahun Baru, di Bangsal Sewoko Projo, Wonosari, Kamis (18/12/2014).

Dia menjelaskan, sterilisasi gereja akan dilakukan dengan metal detektor oleh tim gegana Polda DIY. Lima gereja yang memiliki jumlah jamaah terbanyak akan dilakukan penyisiran guna mengantisipasi adanya bahan peledak atau benda-benda berbahaya lainnya.

Selain itu, untuk menghadapi libur pergantian tahun, kepolisian resort Gunungkidul akan melakukan pengamanan 24 non stop. Berbagai fasilitas seperti Pos Pengamanan (Pospam) juga akan didirikan. Rencananya, Pospam akan didirikan di empat tempat, di antaranya di wilayah Tanjakan Slumprit Patuk, Pasar Argosari, Pantai Baron dan Pantai Pulang Sawal.

“Rekayasa lalu-lintas untuk mengantisipasi kemacetan panjang juga akan kita lakukan. Untuk pengamanan malam pergantian tahun, penutupan jalan di kawasan Alun-Alun Wonosari akan kita lalukan,” jelasnya.

Terpisah, Sekda Gunungkidul, Budi Martono mengatakan, untuk memperlancar pengamanan operasi Lilin Progo 2014, Pemkab Gunungkidul akan memperbaiki sarana dan prasarana, di antaranya rambu lalu lintas yang rusak dan memperbaiki lampu penerangan jalan di sepanjang jalur Jogja- Wonosari.

“Sudah kita koordinasikan dengan dinas terkait, dan harapan kita semua lancar. Kita juga meminta untuk menambah satu Pospam di gapura selamat datang, sebab jalur tanjakan slumprit cukup rawan kecelakaan,” katanya. (Juju/Tty)

Komentar

Komentar