Petugas Masih Memberikan Toleransi

oleh -
iklan dispar

WONOSARI, kabarhandayani.– Tiga hari menjelang lebaran, larangan beroperasi angkutan barang tampaknya belum juga diindahkan. Masih banyak truk-truk pasir yang melintas di jalur utama Kabupaten Gunungkidul atau Jalan Yogyakarta-Wonosari.
Pantauan dari Pos pengamanan Kali Pentung, Jumat (25/07/2014), menyebutkan, hilir mudik truk pengangkut pasir masih terlihat, padahal Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) telah menetapkan larangan kendaraan pengangkut pasir dan batu melintas mulai H-3 hingga H+2 Lebaran.
AKP M Faisal Pratama, Kasatlantas Polres Gunungkidul mengatakan, aparat masih memberikan kelonggaran kepada truk barang yang akan melintas, karena hingga H-3 Lebaran jalur utama Yogjakarta menuju Wonosari masih terpantau lancar.
“Alasan kita memberikan toleransi karena arus mudik yang melintasi Gunungkidul masih lancar, oleh sebab itu kita belum melakukan penindakan,” kata Faisal.
Dikatakan, pemberian sanksi terhadap truk pasir yang melintas akan diberlakukan mulai H-2 atau besok pagi, Sabtu (26/07/2014). Namun apabila pada hari ini terjadi peningkatan jumlah kendaraan, Polres Gunungkidul akan melakukan penyetopan kendaraan angkutan barang yang melintas.
Kepala Dinas Dishubkominfo, Gunungkidul Purnama Jaya menambahkan, hingga tiga hari sebelum lebaran, arus lalu lintas di wilayah Gunungkidul terpantau lancar. Peningkatan arus lalu lintas belum terlihat signifikan, karena kondisi masih dalam keadaan normal.
“Larangan truk pasir melintas untuk menanggulangi kemacetan. Kebijakan ini juga sudah kita terapkan pada tahun lalu untuk meminimalisir kemacetan yang disebabkan banyaknya truk pengangkut barang beroperasi, terutama truk-truk pasir,” pungkasnya.(Juju/Tty)

Komentar

Komentar