Petugas KPPS Keliling Rumah Sakit

oleh -
iklan dispar

SEMANU, kabarhandayani.– Petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 04 harus bekerja ekstra. Pasalnya, selain harus bertugas di TPS yang telah ditentukan, mereka juga harus keliling di rumah sakit yang berada di dekat TPS guna melayani pasien dan pegawai yang akan menggunakan hak pilihnya dalam Pilpres 2014. 

TPS 04 berada di Padukuhan Sambirejo Desa Semanu Kecamatan Semanu berdekatan dengan Rumah Sakit Umum (RSU) Pelita Husada mengharuskan petugas KPPS bekerja ekstra. Dikarenakan di rumah sakit tersebut tidak disediakan TPS khusus, maka sesuai aturan TPS terdekatlah yang bertugas dan bertanggungjawab melayani pasien dan pegawai yang sedang dirawat di rumah sakit. 

Karmanto (37), Ketua KPPS TPS 04 menjelaskan, petugas TPS 04 harus melayani warga yang terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) sejumlah 444 orang dan ditambah pasien dan pegawai RSU Pelita Husada sebayak 25 orang. Petugas KPPS TPS 04 pada jam 11.30 dibagi menjadi dua yakni 4 orang berjaga di TPS dan 4 orang bertugas untuk keliling di rumah sakit melayani pegawai dan pasien yang ada di rumah sakit. 

“Kami harus berbagi petugas agar pelaksanaan Pilpres berjalan sesuai jadwal. Sebagai petugas di TPS yang dekat dengan rumah sakit, ya kami harus suka rela keliling rumah sakit menggotong kotak suara dan bilik suara bersama teman-teman,” jelasnya Rabu (9/7/2014). 

Dalam pelaksanaan pemilihan di RSU Pelita Husada, KPPS TPS 04 dibantu oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS) Desa Semanu, serta diawasi oleh KPU Gunungkidul, PPK, Panwascam Kecamatan Semanu, PPL Desa Semanu. 

Sementara itu, Gunawan Aribowo (38), Ketua Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Kecamatan Semanu menjelaskan, pelaksanaan Pilpres di Kecamatan Semanu secara umum berjalan lancar termasuk pelaksanaan di RSU Pelita Husada. 

“Pelaksanaan Pilpres yang ada di Kecamatan Semanu berjalan lancar. Walau ada beberapa petugas KPPS kebingungan soal aturan pemilih yang tinggal sementara dan tidak memiliki A5, namun dapat segera diselesaikan karena segera berkoordinasi dengan PPS, PPK, PPL maupun Panwascam,” jelasnya. 

Gunawan menambahkan, petugas Pilpres saat ini sudah sangat terkoordinir dan bertugas dengan penuh tanggungjawab. Mereka belajar dari pelaksanaan pemilu legislatif (Pileg) April lalu. (Hery_Fosil/Red)

Komentar

Komentar