Peringati Usia 1 Abad, PSHT Gunungkidul Gelar Donor Darah

oleh -
Psht
Donor darah digelar PSHT dalam rangka peringatan usia 1 abad. (KH)

GUNUNGKIDUL, (KH),– Dalam rangka memperingati usia satu abad, Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Gunungkidul menggelar bakti sosial (Baksos) donor darah.

Ketua Cabang PSHT Gunungkidul, Suwardi menyampaikan peringatan 1 abad PSHT diisi dengan kegiatan donor darah serentak secara nasional.

“Ada 100-an warga PSHT berikut keluarganya terlibat kegiatan donor darah,” ungkap Suwardi saat ditemui di lokasi donor darah di Taman Budaya Gunungkidul (TBG) Senin, (28/2/2022).

Suwardi berencana kegiatan yang baru pertama kali ini akan dilaksanakan rutin dalam periode waktu tertentu. Pihaknya berharap darah yang disumbangkan mendukung pelayanan PMI dalam hal penyediaan stok darah bagi masyarakat yang membutuhkan.

Suwardi juga mengutarakan sejak dikenalkan tahun 1993 PSHT cabang Gunungkidul telah memiliki 1.000-an anggota yang memiliki kompetensi sebagai pendamping atau memberikan pelatihan ke anak didik.

“Bagi yang sudah punya kompetensi kami persilahkan mengembangkan di wilayah masing-masing,” ujarnya.

Suwardi lebih jauh memyebutkan, PSHT yang tergabung dalam Ikatan Pecak Silat Seluruh Indonesia (IPSI) Gunungkidul juga terus berupaya mendukung prestasi bidang olahraga pencak silat pelajar Gunungkidul. Salah satu prestasi anak didik PSHT diantaranya mampu menyumbang emas dalam ajang PORDA DIY.

Dalam pelaksanaan donor darah PSHT Gunungkidul menggandeng Palang Merah Indonesia (PMI) Gunungkidul.

Petugas pendataan PMI Gunungkidul, Slamet mengungkapkan hingga pukul 11.00 WIB telah diperoleh 36 kantong darah.

“Beberapa terkendala tak bisa diambil darahnya antara lain karena usia, baru saja vaksinasi dan kondisi kesehatan terganggu,” terang Slamet. (Kandar)

Berbagi artikel melalui:

Komentar

Komentar