Peringati HUT RI, SAR Baron Kibarkan Bendera Di Laut Selatan

oleh -
Pengibaran Bendera Merah Putih yang pernah dilaksanakan di laut selatan, di Pantai Wediombo. dok. KH
iklan dispar
Pengibaran Bendera Merah Putih yang pernah dilaksanakan di laut selatan, di Pantai Wediombo. dok. KH
Pengibaran Bendera Merah Putih yang pernah dilaksanakan di laut selatan, di Pantai Wediombo. dok. KH

TANJUNGSARI, (KH)— Sebagai hari kemerdekaan, momentum tanggal 17 Agustus selalu diwarnai upacara peringatan dan kegiatan penunjang lainnya oleh masyarakat di berbagai berbagai wilayah, karena pada hari tersebut merupakan tonggak sejarah bangsa Indonesia keluar dari jeratan penjajah.

Tak hanya di lapangan terbuka atau alun-alun saja, kini pelaksanaan upacara memiliki ragam bentuk yang berbeda-beda. Salah satunya yang direncanakan oleh SAR SATLINMAS Wilayah II Pantai Baron, mereka akan menggelar pengibaran bendera di laut selatan.

Terkait rencana tersebut, Koordinator SAR SATLINMAS Wilayah II Pantai Baron, Marjono mengatakan, Upacara tahun ini merupakan yang ke-empat kalinya dilaksanakan di perairan Pantai Baron.

“Pengibaran bendera berlokasi sekitar 200 m di tengah laut,” kata Marjono, Minggu, (14/8/2016).

Dirinya menambahkan, alasan diadakannya upacara di laut karena secara umum upacara dilaksanakan di daratan, maka pihaknya ingin melakukan hal yang berbeda. Antusiasme minat untuk menjadi peserta selalu meningkat, menurut catatannya peserta selalu bertambah dari tahun ke tahun.

“Pada 2013 ada sebanyak 100 peserta yang mengikuti, Pada 2014 meningkat menjadi 200 peserta karena mulai melibatkan unsur luar SAR dan pada 2015 meningkat lagi menjadi 400 peserta,”

Sambung dia, unsur yang terlibat selain SAR diantaranya ada nelayan, Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis), BASARNAS, Polair, Dinas Pariwisata, Dinas Kelautan, PEMDA, BPBD DIY, dan BPBD Gunungkidul, Relawan se-DIY, dan masyarakat umum. “semoga pelaksanaan tahun ini 500 peserta dapat terlibat,” harap dia.

Sukamto, Wakil Koordinator SAR menambahkan, bagi masyarakat yang menginginkan ikut menjadi peserta harus melalui pendaftaran terlebih dahulu. “Calon peserta dapat menghubungi kontak person 081326906225 untuk melakukan pendaftaran.

Untuk diketahui, kegiatan serupa tak hanya dilakukan di laut kawasan Pantai baron saja, sebelumnya kegiatan yang sama juga dilakukan di Panti Wediombo. (Kandar)

Komentar

Komentar