Penyanyi Zarima Rasulan di Playen

oleh -
Penyanyi Zarima rasulan di Playen. Foto : KH/Sarwo
kadhung tresno

zarimaPLAYEN, (KH) — Tradisi bersih dusun/desa dengan membuat nasi gurih yang dilengkapi ingkung ayam jago, sambel pecel, krupuk dan peyek. Biasanya nasi putih dilengkapi lauk, tahu, tempe, sayur pedas tempe, bakmi dan kerupuk. Tidak kurang dari 200 tenggok memenuhi balai desa yang digunakan untuk pelaksanaan tradisi Rasulan atau Bersih dusun/desa.

Rasulan di Playen diikuti dusun Playen I dan Playen II yang dilaksanakan pada hari Senin Paing (31/08/2015). Sebelum upacara tradisi Rasulan di mulai, sejak jam 12.30 warga yang kempul di Balai Desa, dihibur Campursari dengan penyanyi Zarima Cs dan Bambang. Penyanyi Zarima dalam kesempatan tersebut, tidak hanya menyanyi, tetapi ikut membagi ingkung dibantu warga.

Upacara Tradisi Rasulan dipimpin sesepuh dusun, Sarengat. Dengan menyebut uba rampe, ada jenang abang-putih, jenang palang, jenang baro-baro, jajan pasar, nasi gurih dengan Ingkung. semuanya sebagai simbol ucapan terima kasih kepada Allah yang telah memberikan rezeki lewat hasil pertanian. Semoga di tahun-tahun yang akan datang, hasil pertanian lebih baik.

Kades Playen, Surahno, mengharapkan Rasulan di Playen dari tahun ke tahun lebih meriah dan penuh keakraban sesama warga. “Sodakoh Bersih Dusun/Desa itu sangat baik. Tidak dosa, dan apabila itu dosa, saya yang akan menerima azabnya. tegas Surahno.

Rasul tahun ini lebih meriah dengan kegiatan Pangajian Akbar, Pentas Dhangdhutan, Campursarian, dan pentas Wayang Kulit semalam suntuk dengan dalang ki Suharno. Doa dipimpin Drs. Darobi M PdI.(Sarwo)

Komentar

Komentar