Peningkatan Imunitas Dan Manajemen Stress Kunci Kesembuhan Pasien COVID-19

oleh -
Dirktur RSUD Wonosari, dr Heru Sulistyowati Sp. A., (KH/Kandar)
iklan dispar

GUNUNGKIDUL, (KH),– Tingkat kesembuhan pasien COVID-19 di Gunungkidul tergolong tinggi. Hal tersebut disampaikan Kepala Dinkes Gunungkidul, Dewi Irawaty Kamis, (06/08/2020).

“Vaksin COVID-19 belum ditemukan. Tidak ada penanganan khusus bagi pasien,” kata Dewi.

Tindakan medis yang paling utama, kata dia, yakni peningkatan imunitas tubuh pasien. Selain itu, pihak RSUD yang merawat pasien COVID-19 juga melakukan serangkaian upaya pengelolaan atau manajemen stress.

Sebagaimana diketahui, stress yang semakin akut akan memperburuk imunitas tubuh pasien.

Pihaknya berharap masyarakat umum melakukan hal yang sama selama pandemi. Imunitas tubuh yang baik dengan tetap menerapkan protokol kesehatan menjadi bagian upaya pencegahan penularan COVID-19.

Terpisah, Direktur RSUD Wonosari dr. Heru Sulistyowati mengungkapkan, peningkatan imunitas tubuh pasien dilakukan dengan memberikan makanan bergizi serta vitamin.

“Fokusnya pada imunitas tubuh. Jika ada pasien memiliki gejala akan diberi obat-obatan sesuai gejala yang muncul,” tukas dr Heru.

Adapun data kasus COVID-19 di Gunungkidul hingga Kamis, (7/8) tercatat ada 120 kasus. Jumlah pasien yang telah sembuh tercatat ada 91 orang. Sementara 26 kasus diantaranya masih dalam perawatan. Untuk kasus yang dilaporkan meninggal dunia ada 3 kejadian. (Kandar)

Komentar

Komentar