Pengurus GPMB Gunungkidul Dilantik

oleh -
iklan dispar

WONOSARI, kabarhandayani.– Pengurus Pusat Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), melantik kepengurusan Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca Kabupaten Gunungkidul, Selasa (11/08/2014). Pelantikan dilaksanakan di Joglo Jawa Resto, Wonosari.
Ketua Umum GPMB DIY Tulus Widodo dalam sambutanya menyampaikan, GMPB adalah organisasi sosial di bidang pembangunan minat dan pembudayaan kegemaran membaca. Menurutnya, GMPB tidak akan pernah survive tanpa didukung dari seluruh elemen masyarakat agar misi sosial tersebut dapat diterima di masyarakat.
Lanjut Widodo, harapan ke depan dengan terbentuknya GPMB menjadikan bumi Handayani memiliki minat baca yang tinggi, karena GPMB adalah organisasi yang keberadaannya berjenjang dari pusat sampai dengan daerah di bawah binaan instansi perpustakaan pemerintah.
Widodo menyebutkan, pelantikan kepengurusan daerah atau cabang organisasi pertama kali dilaksanakan di Kabupaten Sleman, kedua di Kulon Progo, baru pelantikan ketiga dilaksanakan di Gunungkidul. Pengurus GPMB berasal dari unsur pustakawan  Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah (KPAD), Pengelola Perpustakaan Desa, pustakawan sekolah, dan berbagai Ormas serta Pengurus Komunitas di Gunungkidul.
“Kepengurusan yang terbentuk merupakan kepengurusan sukarela, artinya mereka yang menjadi pengurus tidak akan mendapatkan upah sedikitpun. Tujuannya murni hanya untuk mengembangkan minat baca di Gunungkidul,” jelasnya.
Widodo berharap, seluruh pengurus GPMB terlantik dapat menciptakan kegiatan-kegiatan yang dapat merangsang atau menumbuhkan minat baca masyarakat. Sehingga minat  baca di Kabupaten Gunungkidul akan meningkat serta akan terbentuk indek pembangunan sumberdaya manusia yang berkualitas.
“Semoga dengan adanya organisasi ini akan menambah minat baca mulai dari anak-anak hingga lanjut usia yang akan gemar dalam membaca,” harapnya singkat.
Adapun Struktur GPMB Kabupaten Gunungkidul, Pelindung Bupati Gunungkidul Hj.Badingah S.Sos, Pembina Wakil Bupati Gunungkidul Drs. Immawan Wahyudi, Ketua Umum Joko Suryanto (Sekretaris PGRI Gunungkidul), Wakil Ketua Tri Handono (Ketua Perpudes Wiladeg), Sekretaris Dewi Cahyaningrum (ATPUSI Gunungkidul), Bendahara Rustin Faqiroh (Kepala Sekolah SD Kemadang).
Struktur organisasi juga dilengkapi Seksi Publikasi dan Dokumentasi, Seksi Pendidikan, Pendidikan dan Penelitian, Seksi Usaha Keuangan dan Kerjasama Organisasi, serta Seksi Pembinaan dan Sosialisasi Minat Baca. (Juju/Hfs)

Komentar

Komentar