Pengajian Akbar Peringatan Maulid Nabi di Bejiharjo

oleh -
Pengajian Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Foto : Sugeng.
iklan dispar
Pengajian Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Foto : Sugeng.
Pengajian Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Foto : Sugeng.

KARANGMOJO, (KH) — Dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, Lembaga Pendidikan dan Pengamalan Agama (LP2A) Desa Bejiharjo, Karangmojo, Gunungkidul mengadakan Pengajian Akbar pada Senin malam (5/1) yang bertempat di Balai Desa Bejiharjo.

Pengajian yang diawali oleh Majelis Ta’lim dan Mujahadah Dzikrul Awwaabin Kabupaten Gunungkidul tersebut dihadiri sekitar 2000an jamaah dari 18 kecamatan di Gunungkidul. Para jamaah ini datang dengan menggunakan sepeda motor dan mobil pick up yang disewa.  Salah satunya dari majelis ta’lim Ngawen yang datang dengan rombongan banyak.

Demi keamanan acara tersebut LP2A juga dibantu oleh beberapa anggota keamanan seperti Hansip dan juga BANSER untuk mengatur tempat parkir serta keamanan dan kenyamanan para jamaah pengajian.

Berbeda dengan peringatan Maulid Nabi yang biasanya diadakan dengan kegiatan kenduri. LP2A dengan pemerintah kabupaten mengemas kegiatan ini dalam bentuk pengajian untuk menyambung tali silahturahmi antar jamaah muslimin se-kabupaten Gunungkidul sekaligus memperingati Maulid Nabi yang jatuh pada tanggal 3 Januari 2015 kemarin.

Jamaah yang datang disambut oleh Remaja Masjid Bejiharjo (REMA BEJO) dan perangkat desa di beberapa titik pintu masuk sambil membagikan snack kepada para jamaah pengajian. Snack yang dibagikan merupakan snack yang dikumpulkan oleh jamaah warga Bejiharjo dari beberapa padukuhan untuk menyambut kedatangan jamaah dari kecamatan lain.

Karena jamaah yang banyak panitia yang  menyediakan tikar sampai depan masjid Nurul Huda pun tak mencukupi dan akhirnya sebagian jamaah harus rela berada di serambi masjid. Meski cuaca semakin malam semakin dingin jamaah tetap khusyu’ mengikuti tausiyah KH Drs. Henry Sutopo dari Pondok Pesantren Al Munawwir Krapyak Yogyakarta yang juga diselingi canda.

“Secara garis besar pengajian ini terlaksana dengan sukses,” ungkap Sujadi SPd I selaku ketua LP2A.

Pengaian yang berlangsung sampai tengah malam ini ditutup dengan doa bersama. (Sugeng)

Komentar

Komentar