Pemilih Tuna Netra Disiapkan Kertas Khusus

oleh -
iklan dispar

WONOSARI, kabarhandayani.– Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gunungkidul menyiapkan kertas khusus bagi pemilih disabilitas tuna netra pada pemilu presiden (pilpres) 9 Juli 2014 mendatang. Sementara bagi penyandang cacat fisik diperkenankan didampingi yang terlebih dahulu mengisi form yang disiapkan.

Komisioner KPU Gunungkidul Divisi Teknis Penyelenggara Ahmad Ruslan Hani mengatakan, rencananya sebanyak 1.898 template akan di siapakan dan dibagikan di masing-masing Tempat Pemungutan Suara (TPS). Masing-masing TPS di seluruh Gunungkidul akan mendapat jatah 1 template.

“Entah ada apa tidak kaum disabilitas di tiap TPS, template akan tetap kita siapkan,” katanya saat ditemui di kantornya, Rabu (25/6/2014).

Dikatakan, KPU Gunungkidul tidak akan menyiapkan tempat pemilihan suara khusus bagi pemilih disabilitas, mereka akan diarahkan menyalurkan hak pilihnya sesuai dengan domisili di mana mereka berada. Template tersebut diharapkan dapat mempermudah kaum tuna netra dalam menyalurkan haknya dalam pemilu presiden.

“Dalam buku panduan pelaksanaan pemilu presiden (Pilpres) lebih jelas diterangkan pelaksanaan Pilpres lebih ramah dibandingkan pemilihan legislatif (pileg), bagi penyadang disabilitas,” pungkasnya. (Juju/Hfs)

Komentar

Komentar