Pelayanan Disdukcapil Sasar Warga Pesisir

oleh -
Eko Subiyantoro, Kepala Disdukcapil Gunungkidul. KH/ Kandar
iklan dispar
Eko Subiyantoro, Kepala Disdukcapil Gunungkidul. KH/ Kandar
Eko Subiyantoro, Kepala Disdukcapil Gunungkidul. KH/ Kandar

WONOSARI, (KH)— Seperti sudah tidak ada alasan lagi bagi warga masyarakat malas atau belum mengurus kepemilikan dokumen kependudukan seperti akta kelahiran. Pasalnya Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Gunungkidul semakin memberikan pelayanan ektra kepada warga.

Apabila warga yang belum mengurus karena beralasan domisili jauh dengan Disdukcapil, kali ini alasan tersebut semestinya tidak muncul lagi, karena pelayanan jemput bola telah dilakukan dengan mendekat kepada warga pesisir.

Ditemui diruangannya, Kepala Disdukcapil, Eko Subiyantoro mengatakan, sesuai permintaan pemerintah desa atau dusun, akan mendatangi suatu wilayah yang sedikitnya terdapat 50 pemohon akta kelahiran.

“Beberapa wilayah yang telah kita layani antara lain; Girisubo, Purwosari, Panggang dan Rongkop,” katanya, Selasa, (22/3/2016).

Prorgram yang menyasar domisili warga yang terpaut jarak lebih dari 40-an km dari ibu kota kabupaten ini tidak dipungut biaya. Hal ini memang dimaksudkan agar mereka dapat menghemat biaya,  waktu dan tenaga.

“kecuali mereka yang sudah melebihi batas akhir pengurusan atau lebih dari 60 hari, maka akan dikenakan biaya denda keterlambatan sebesar Rp. 20 ribu,” imbuhnya.

Sementara itu, adanya program yang menyasar ke pelosok tersebut ditanggapi dengan baik, menurut Eko, minat warga pinggiran memiliki dokumen kependudukan dirasa meningkat. (Kandar)

Komentar

Komentar