Pelanggar Marka dan Salah Jalur Mulai Ditindak Keras

oleh -
iklan dispar

marka-jalanWONOSARI, (KH) — Sosialisasi rambu lalu lintas marka jalan yang digelar oleh Jajaran Satuan Lalu Lintas Polres Gunungkidul telah berakhir Januari lalu. Kini Polres mulai melalukan tindakan kepada pengguna jalan yang diketahui melanggar marka jalan.

“Bulan Februari ini sudah masuk dalam penindakan, pengguna jalan yang diketahui melanggar marka, langsung kita kenakan tilang,” kata Kasat Lantas Polres Gunungkidul AKP Yugi Bayu Hendarto, Senin (23/2/2015).

Dia menjelaskan, sedikitnya ada 35 pelanggar marka yang dikenakan tilang setiap harinya, atau pada pada Bulan Februari ini ada sekitar 805 pelanggar marka jalan. Sebagian besar pelanggar masih berstatus sebagai pelajar.

“Pelanggaran marka terbanyak terjadi di Jln. Wonosari- Yogyakarta atau kawasan Hutan Tleseh dan Jembatan Kali Pentung,” terangnya.

Yugi menjelaskan, dalam melakukan tindakan ini, pihaknya terus bekerja sama dengan Polsek Patuk, Polsek Wonosari Kota, Polsek Playen, Polsek Karangmojo dan Polsek Ponjong. “Anggota Lantas yang berada di Polsek tersebut akan membantu kita mengawasi pelanggaran marka jalan,” terangnya.

Lebih lanjut Yugi menjelaskan upaya penertiban pemakai jalan utamanya marka bertujuan untuk meminimalisir angka kecelakaan. “Pelanggaran marka jalan salah satu penyebab tingginya kecelakaan lalu lintas di Gunungkidul,” lanjutnya.

Mulai Bulan April mendatang Jajaran Polres Gunungkidul akan memberikan sosialisasi kepada masyaralat dan pelajar terkait dengan penggunaan jalur yang dilarang. Karena saat ini masih banyak pengguna jalan yang tidak mematuhi rambu Forboden atau jalur searah.

“Ada dua titik jalur searah yang sering dilanggar oleh pengguna jalan yakni di jalan Tentara Pelajar Trimulyo dan Depan Pasar Argosari Wonosari,” katanya. Dia berharap sosialisasi yang akan diberikan ke pelajar melalui pembinaan di sekolah dan spanduk yang ditujukan kepada masyarakat dapat dimengerti oleh masyarakat.

“Untuk jalur searah, mulai Maret akan kita gencarkan sosialisasi dan April sudah mulai penindakan. Harapan kita nanti masyarakat tahu dan mereka tidak terkena tilang,” ucapnya. Tidak hanya itu, pada tahun ini, jajaran Polres Satuan Lalu Lintas Polres Gunungkidul akan melalukan penertiban terkait penggunaan helm, parkir kendaraan dan kelengkapan kendaraan. (Juju/Tty)

Komentar

Komentar