Pasar Rakyat Jelang Lebaran untuk Warga Kurang Mampu

oleh -
kadhung tresno
GEDANGSARI, kabarhandayani.– Pasar rakyat jelang lebaran tahun 2014 yang digelar oleh Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan ESDM Gunungkidul bekerjasama dengan Kementrian Perdagangan dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan DIY dihadiri oleh ratusan warga. Pasar murah tersebut digelar di Pendopo Kecamatan Gedangsari dan dilaksanakan selama 2 hari mulai Selasa (22/7/2014) hingga Rabu (22/7/2014).
“Kegiatan pasar murah ini digelar dalam rangka memberikan bantuan kepada warga masyarakat kurang mampu,” tutur Suryata, Kasi Bina Usaha dan Kemitraan Bidang Koperasi Dinas Perindakop ESDM Gunungkidul.
Lanjut Suryata, bantuan paket berisi kebutuhan bahan pokok berupa minyak sayur, gula pasir, gula jawa, teh dan mie instan. Paket kebutuhan bahan pokok tersebut dijual kepada warga yang memperoleh kupon dengan harga lebih murah dari harga sebenarnya Rp 55.000,00 disubsidi menjadi Rp 30.000,00 per paket.
Suryata menambahkan, pengadaan barang yang ada di pasar murah ini melibatkan pihak perbankan dan koperasi. Dengan paket yang disediakan oleh Kementerian Perdagangan sebanyak 300 paket, atas keterlibatan berbagai instansi yang terkait maka dapat tersedia 1.500 paket untuk warga masyarakat yang ada di kecamatan Gedangsari.
“Kita menyediakan 2 kupon yakni warna kuning untuk warga yang mengambil paket hari ini dan warna biru untuk besuk. Hal ini dimaksudkan agar tidak terlalu ramai dan tidak rebutan,” tambah Suryata.
Ngatini (49) warga Desa Hargomulyo, Gedangsari yang turut menukarkan kupon dalam pasar murah tersebut mengaku senang dengan kegiatan ini. “Harganya menjadi lebih murah jadi sangat membantu, bisa menghemat pengeluaran,” pungkas Ngatini.
Bupati Gunungkidul, H. Badingah S.Sos turut hadir dalam acara tersebut sekaligus membuka pasar murah. Dalam kesempatan tersebut, Badingah juga memberikan santunan kepada anak-anak yang ada di Kecamatan Gedangsari. Turut hadir pula DANDIM 07.30/GK, kepala bank dan koperasi yang ada di Gunungkidul, Kepala Perindakop DIY, muspika Gedangsari dan perangkat desa se Gedangsari. (Mutiya/Hfs)

Komentar

Komentar