Pantai Wohkudu, Tempat Teduh dan Masih Tersembunyi

oleh -9982 Dilihat
oleh
Pantai Wohkudu, Girisekar, Panggang. KH/Hari.
Pantai Wohkudu, di Padukuhan Karang, Girikarto, Panggang. KH/Hari.

PANGGANG,(KH) — Pantai Wohkudu mungkin masih asing terdengar. Pantai yang tersembunyi ini berada di Padukuhan Karang, Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunungkidul. Pantai ini berdekatan dengan Pantai Kesirat. Berbeda dengan Pantai Kesirat yang bertebing curam, pantai ini memiliki dataran yang landai dengan hamparan pasir putih dan  2 bukit di kanan dan kirinya.

Meskipun pantai ini tidak terlalu luas, tetapi memiliki sensasinya berbeda. Dengan deburan ombak dan angin sepoi-sepoi membuat betah berada di pantai yang sunyi ini. Di bibir pantai juga terdapat sepetak tanah dengan beralaskan rerumputan rapi yang bisa digunakan untuk kemping. Hamparan rerumputan di atas pasir ini terkadang juga sebagai tempat bertelurnya penyu.

Agung, salah satu penduduk setempat mengatakan, dulu sering dijumpai banyak penyu yang singgah untuk bertelur. Para penduduk juga melarang siapapun mengganggu hewan yang sedang bertelur tersebut.

Pantai Wohkudu menyuguhkan pemandangan yang indah, dengan rumput yang terawat, serta 2 tebing yang mengapit teluk pantai dan deburan ombak yang tidak terlalu besar . pantai yang cukup sepi ini membuat nyaman setiap pengunjung dan membuat puas, saat air laut sedang surut dipantai ini bisa melihat berbagai jenis ikan seperti clown fish, lion fish juga ikan glodok dan kepiting  dengan corak warna yang unik.

“Disini sering buat kemping. Bukan hanya dari orang Gunungkidul, malah kebanyakan dari luar Gunungkidul. Kebanyakan mereka berkelompok dan menginap 2 – 3 malam di sini. Walaupun diperbolehkan untuk bermalam di sini, kebersihan dan lingkungan harus tetap dijaga. Jadi setiap pengunjung tidak boleh membuang sampah sembarangan,” tambah Agung, Minggu (19/4/2015).

Untuk menikmati keindahan Pantai Wohkudu, pengunjung tidak perlu merogoh kocek untuk membayar retribusi wisata, karena memang belum dibuka pemerintah sebagai destinasi wisata. Di tempat ini, pengunjung cukup membayar parkir kepada para penduduk setempat yang mengusahakan tempat parkir sekaligus penitipan kendaraan.

Akses menuju Pantai Wohkudu rutenya hampir sama dengan menuju Pantai Kesirat dan Pantai Gesing. Rute dari Jogja, sesampai di Pertigaan Lanud Gading ambil ke kanan Arah Playen, melewati Kantot Kecamatan Playen dan Hutan Sodong, sesampai di pertigaan setelah Telaga Namberan ambil kanan  ke arah ke Panggang. Setelah Balai Desa Girisekar, ditandai pohon beringin besar, ambil kiri menuju arah Pantai Gesing, kemudian Pasar Pandhem ke kanan. Seterusnya jika ke kiri ke Pantai Gesing, ambil yang lurus sekitar 200 meter ada masjid kiri jalan, masuk ke kiri. Ikuti jalan cor blok dan sering bertanya pada warga karena setelah melewati perkampungan terakhir tidak ada papan penunjuk arah. (Hari)