Pantai Watunene, Dreamland-nya Gunungkidul yang Masih Tersembunyi

oleh -
iklan dispar
TEPUS,(KH).– Pernahkah menyangka bahwa di Gunungkidul terdapat pantai Dreamland ? ,Tentu tidak ada yang percaya, semua tentu terbayang ke tokoh Tommy Soeharto yang memiliki resort dan pantai menawan “Pantai Dreamland” di Pecatu Pulau Bali itu.

 

Sebenarnya Gunungkidul juga punya lho pantai yang cantiknya tak kalah dengan Pantai Dreamland di Pulau Bali tersebut. Pantai Dreamland di Gunungkidul ini dikelilingi oleh tebing-tebing yang menjulang tinggi serta dikelilingi batu karang yang besar sekitar pantainya. Pantai berpasir putih ini, terletak di bawah tebing yang terjal menciptakan pemandangannya yang begitu memukau. itulah yang kami temui di Pantai ini, “Dreamland Beach of Gunungkidul”.

 

Pantai ini berada di sebelah barat Pantai Seruni dan berada di sebelah timur Pantai Poktunggal. Cara mengunjungi pantai ini memang masih tidak mudah, harus dengan melakukan susur pantai dari Poktunggal ketika surut atau bisa juga melewati pantai Seruni dengan terlebih dahulu naik ke bukit.

 

Suasana pantainya masih sangat sepi, hanya terdapat sebuah gubuk tempat para warga sekitar beristirahat setelah mencari ikan. Hamparan pasir di pantai ini cukup luas, bahkan hampir sama dengan luas Pantai Seruni. Tidak terlalu banyak jejak kaki yang ada di pantai ini, mungkin hanya jejak dari warga yang mencari ikan ataupun mencari air di pantai ini. Karena di pantai ini terdapat mata air yang tak pernah kering sepanjang musim, seperti halnya mata air di Pantai Seruni.

 

Apa sebenarnya nama pantai ini? Penduduk setempat menamainya Pantai Watunene. Pantai ini terletak di Dusun Tepus 3, Desa Tepus, Kecamatan Tepus. Kalau sudah pernah ke Pantai Poktunggal, pasti anda tahu lokasi menuju pantai ini. Karena sebelum anda memasuki pantai Poktunggal, ada pertigaan kecil yang menunjukan arah menuju pantai Seruni. Jika sudah sampai Pantai Seruni, bisa bertanya kepada penduduk sekitar, tentang Pantai Watunene. Karena lokasi tepatnya hanya dibalik bukit sebelah barat dari pantai Seruni.

Pantai Watunene sendiri merupakan destinasi wisata baru yang berada di deretan pantai Kecamatan Tepus Gunungkidul. Pantai yang masih dalam proyek pembangunan ini sedang mengupayakan pembangunan jalur baru menuju pantai ini tanpa harus melewati pantai Poktunggal saat surut, ataupun pendakian bukit pantai Seruni.

 

Penuturan mbok Ti, pemilik parkir di kawasan pantai Seruni kepada KH beberapa waktu yang lalu, asal muasal nama pantai Watunene sendiri ia tidak mengetahui secara pasti kenapa bisa dinamakan itu. “Saya juga kurang tau mas apa arti kata Watunene, soale sejak saya kecil namanya juga sudah itu”, ujarnya.

 

Bagi yang penasaran, silakan mengunjungi Pantai Watunene, “Dreamland-nya” Gunungkidul. (Jhody/Bara)

Komentar

Komentar