Pantai Sepanjang, Lokasi Perhelatan Voli Pantai Skala Internasional

oleh -
pantai
Pantai Sepanjang Gunungkidul. Dok: KH.

GUNUNGKIDUL, (KH),– Pantai Sepanjang merupakan salah satu pantai yang cukup populer di Gunungkidul. Sebagaimana namanya, pantai di Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul ini memiliki garis tepi yang panjang.

Lokasi tepatnya dekat dengan Pantai Kukup. Pantai yang sama-sama populer.Di sisi lainnya terdapat Pantai Drini, Watu Kodok, dan Sanglen.

Hal yang mengesankan dari Pantai Sepanjang yakni lingkungannya yang bersih. Hampir di sepanjang garis pantai terdapat lapak kuliner. Sedikit lebih jauh di belakang terdapat resto berkapasitas besar. Aneka olahan sea food tersedia dan bisa dipilih wisatawan.

Wisatawan akan menemukan pemandangan laut yang memukau di sini. Sembari beristirahat di gazebo beratap ilalang, menyaksikan ombak berkejaran ke tepi dapat menjadi wahana relaksasi. Lantas saat air surut, beberapa batu karang akan terlihat di garis pantai.

Tak hanya soal keindahannya, kawasan pasir yang luas juga memungkinkan Pantai Sepanjang dijadikan ajang gelaran event olahraga Voli Pantai skala nasional bahkan internasional.

Setidaknya telah digelar dua kali perhelatan voli  pantai yang diikuti tim dari berbagai propinsi di Indonesia hingga berbagai Negara se Asia Pasifik.

Wakil Ketua Umum Pengurus Daerah PBVSI DIY, Dr. Suhadi, MPd beberapa waktu lalu menyebut, potensi Pantai Sepanjang layak dijadikan lokasi gelaran Voli Pantai skala internasional.

pantai
Penyerahan Bola sebagai simbolis pembukaan kejuaraan Voli Pantai Indonesia Open 2022 di Sirkuit Nasional Pantai Sepanjang Kabupaten Gunungkidul, Juni 2022. (Ist)

“Jenis pasir dan luasan kawasan cukup memadai,” kata dia.

Pada Juni 2022 ini Voli Pantai Indonesia Open 2022 digelar di Pantai Sepanjang. Bersamaan kawasan ini ditetapkan sebagai sirkuit nasional.

Sementara pada 2015 silam, Voli Pantai se-Asia Pasifik di Pantai Sepanjang Gunungkidul bertajuk “Asia Pacific Beach Volley Ball Tour” juga pernah dilangsungkan.

Perhelatan tersebut diikuti Dua puluh Negara, di antaranya adalah Singapura, Malaysia, Thailand, Hongkong, Australia, New Zeland, Kazakhstan, Iran, India, Jepang, Qatar, Oman, Korea, China, Arab Saudi, Indonesia, dan lain-lain.

Bupati Gunungkidul, Sunaryanta tak ingin masyarakat tinggal diam dengan potensi tersebut. Sebab, potensi dampak dari adanya perhelatan skala nasional dan internasional itu sangat memungkinkan mendongkrak perekonomian.

Peluangnya cukup banyak, atlet dan tamu sangat memungkinkan mengakses diantarnya mulai dari kebutuhan kuliner, hotel atau penginapan dan usaha jasa wisata lainnya. (Kandar)

Berbagi artikel melalui:

Komentar

Komentar