Pantai Indrayanti Makin Jadi Favorit Wisatawan

oleh -
iklan dispar

TEPUS, Kabarhandayani.– Pantai Pulang Syawal atau lebih dikenal dengan Pantai Indrayanti semakin menjadi pilihan wisatawan saat berkunjung ke deretan pantai di Gunungkidul. Terlepas dari perdebatan yang sering muncul hanya karena masalah nama, Pulang Sawal atau Indrayanti, pantai ini tetap menjadi tujuan wisata pantai utama di Gunungkidul.

Rindangnya pohon cemara yang tertata rimbun saat memasuki Pantai Indrayanti memberikan kenyamanan tersendiri bagi pengunjung dengan semilir angin yang memang seakan memanjakkan orang yang duduk di bawahnya. Hamparan pasir putih juga semakin mempercantik suasana alamnya yang mempesona. Tak pelak, setiap tahunnya tempat ini semakin terkenal dan semakin diminati untuk didatangi. 

Kenyamanan pengunjung di obyek wisata Pantai Indrayanti menjadi prioritas utama dalam memanjakan wisatawan. Hal ini terbukti dari pernyataan Fio, seorang wisatawan yang mengaku dari Jakarta. Ia mengungkapkan jumlah dan variasi pengunjung tua dan muda dari berbagai daerah membuktikan wisatawan merasa betah dalam menghabiskan waktu di tempat ini.

“Di sini memang nyaman, tempatnya bersih. Di sepanjang pantai juga ada tenda-tenda payung dengan penataan yang rapi. Saya rasa ini yang paling nyaman dan bersih di antara deretan pantai yang ada,” ungkap Fio sambil menikmati kelapa muda, Sabtu (17/5/2014).

Kebersihan dan keindahan menjadi kunci utama keberhasilan obyek wisata ini yang diraihnya hanya dalam beberapa tahun terakhir. Manajemen dan pengelolaan menjadi faktor yang sangat penting dalam peraihan keberhasilan ini. Bila main-main dan tak mengedepankan kepuasan pengunjung, niscaya hal ini tak akan pernah diraih.

Disinggung tentang perkembangan Indrayanti ke depan, Fio menuturkan sangat berpotensi untuk menjadi salah satu pantai terbaik di pulau Jawa. Namun, untuk menyaingi atau setidaknya mengimbangi sekelas pantai Kuta Bali rasanya saat ini memang belum bisa terwujud.

“Yang menjadi kendala menurut saya aksesnya. Ke Pantai Kuta kan sekali terbang dari Jakarta langsung bisa menuju ke sana. Kalau Indrayanti, lokasinya cukup jauh dari bandara. Selain itu kenyamanan seperti cafe, restoran, dan wahana tempat hiburan perlu ditambah lagi biar makin memanjakan pengunjung,” lanjut Fio.

Pantauan Kabarhandayani pada Sabtu (17/5/2014) memang menunjukkan pengunjung pantai Indrayanti paling banyak di antara pantai-pantai yang lain. Pengunjung terbanyak kedua adalah di pantai Krakal, karena memang saat itu ada kegiatan festival kesenian daerah tingkat Kabupaten Gunungkidul.

Keberhasilan Pantai Indrayanti yang terletak di Desa Tepus Kecamatan Tepus ini harusnya bisa menjadi percontohan bagi pengelolaan obyek-obyek wisata pantai lain yang seakan jalan di tempat atau bahkan mengalami kemunduran. Bukan hal mustahil, Gunungkidul mampu menjadi obyek wisata pantai favorit di pulau Jawa bahkan Indonesia bila dikelola secara maksimal. Tentunya hal ini tak akan bisa lepas dari kinerja kelompok sadar wisata (Pokdarwis) setempat dan peran pemerintah daerah. (Sumaryanto)

Komentar

Komentar