Nyawa Lansia Putus di Slendang Biru

oleh -
ilustrasi bunuh diri
Ayo bantu cegah bunuh diri dengan peduli diri sendiri dan peduli sesama di dekat kita. Foto ilustrasi: Tribunjabar.

GUNUNGKIDUL, (KH),– lansia berinisial L (81) asal Kapanewon Tepus, Kabupaten Gunungkidul meninggal dunia, Senin (20/3/2023). L diketahui tak bernyawa pada pagi hari.

Namun, L meninggal tak wajar. Ia ditemukan oleh saksi gantung diri di dalam rumah menggunakan selendang biru.

Kapolsek Tepus, AKP Jarwanto mengutarakan, L ditemukan dalam kondisi gantung diri sekitar pukul 05.00 WIB.

Saksi lantas memanggil warga lain. Perihal kematian L pun dilaporkan ke pihak berwajib dan pihak medis.

Berdasar penuturan anggota keluarga dan warga, L mempunyai riwayat hipertensi. Diduga gangguan kesehatan tersebut menjadi salah satu pemicu keputusasaan L lalu mengambil tindakan bunuh diri.

Usai dievakuasi, jasad L diperiksa petugas medis. Bagian per bagian tubuh korban dicek untuk memastikan penyebab kematian korban.

“Medis yang memeriksa jasad L memastikan tidak ada tindakan penganiayaan. Korban murni bunuh diri,” kata kapolsek. (Kandar)

***

Catatan Redaksi:

  • Ayo bantu ringankan beban dan pulihkan keluarga terdampak┬ábunuh diri, dan berhentilah mencemooh, mengolok-olok atau menghujat orang/keluarga penyintas dari bunuh diri.┬áKejadian bunuh diri adalah peristiwa kemanusiaan dan problema kita bersama, dapat menimpa siapa saja tanpa memandang status sosial, pendidikan, agama, jender, dan atribut-atribut lainnya.
  • Ayo bantu cegah bunuh diri di Gunungkidul dengan cara peduli kondisi fisik dan kejiwaan anggota keluarga, sanak saudara, dan sesama. Berikan bantuan kepada sesama yang memerlukan dukungan permasalahan kejiwaan atau kesejahteraan mental.
  • Menyambungkan sesama yang membutuhkan pertolongan problema kejiwaan dengan layanan kesehatan terdekat (Puskesmas, Klinik, Rumah Sakit) atau layanan konseling kepada pemuka masyarakat dan pemuka agama setempat dapat menjadi upaya preventif mencegah bunuh diri.

Berbagi artikel melalui:

Komentar

Komentar