Nelayan Dilarang Melaut untuk Sementara Waktu

oleh -
Pantai selatan
Nelayan di kawasan Pantai Baron mengevakuasi perahu ke tempat yang lebih aman. (Istimewa)

GUNUNGKIDUL, (KH),– Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan prediksi potensi terjadinya kenaikan gelombang laut di kawasan pantai selatan Jawa. Karenanya nelayan diminta untuk tak melaut sementara waktu.

Koordinator SAR Satlinams Wilayah II DIY di Gunungkidul, Marjono menyatakan, himbauan telah disampaikan. Himbauan kemudian direspon oleh nelayan dengan melakukan sejumlah tindakan antisipasi.

“Informasi peringatan dari BMKG adanya kenaikan gelombang akan terjadi beberapa hari kedepan. Kami minta kapal milik nelayan diamankan sementara waktu,” kata Marjono, Senin, (23/5/2022).

Dia menambahkan, menurut grafik prediksi kenaikan gelombang yang telah didapat dari BMKG, puncak kenaikan gelombang akan terjadi pada Selasa malam. Dimana dalam grafik terlihat kenaikan mencapai 4 hingga 6 meter.

Tak hanya menghimbau nelayan. SAR juga memberi peringatan kepada wisatawan yang datang berkunjung ke kawasan pantai.

Sebab, meski libur lebaran telah usai, masih banyak wisatawan yang mengunjungi destinasi wisata pantai di Gunungkidul. Bersamaan, dirinya juga mengoptimalkan anggota SAR dalam bertugas.

“Anggota kami selalu bersiaga melaksanakan tugas pengamanan,” tukasnya.

Dengan adanya himbauan, nelayan proaktif mematuhinya. Mereka memilih menaikkan perahu yang biasa bersandar di dermaga Pantai Baron ke tempat yang dinilai jauh lebih aman. (Kandar)

Berbagi artikel melalui:

Komentar

Komentar