Muspika Paliyan dan Pemerintah Desa Karangasem Bersihkan Sampah Sodong

oleh -
iklan dispar

PALIYAN, kabarhandayani.– Pemerintah Desa Karangasem, Paliyan bersama Jajaran Muspika Kecamatan Paliyan, hari ini Rabu (4/6/2014) melaksanakan gotong-royong membersihkan tumpukan sampah yang ada di hutan Sodong. Acara gotong royong ini dihadiri oleh Camat Paliyan, Danramil Paliyan bersama puluhan anggotanya, beberapa anggota kesatuan Polsek Paliyan, Kades Karangasem bersama jajarannya, serta puluhan warga Desa Karangasem.

Kegiatan berlangsung selama 2 jam yang dimulai sejak sekitar pukul 09.00 WIB. Jajaran Muspika Paliyan bersama warga terlihat berbaur bahu membahu bersama warga membersihkan tumpukan sampah yang selama jadi masalah bagi warga sekitar dan pengguna jalan. Sampah kemudian diangkut menggunakan truk pengangkut sampah untuk selanjutnya dibawa ke tempat pembuangan akhir.

“Sebenarnya warga mulai bergotong-royong sejak kemarin. Namun karena tumpukan sampah yang begitu banyak sehingga kerja bakti dilakukan hingga hari ini,” jelas Amanat Ichsan, Kepala Desa Karangasem, Rabu (4/6/2014).

Amanat menambahkan, sampah-sampah itu sebenarnya bukan sampah dari warga Desa Karangasem. Sampah-sampah yang menumpuk di Sodong menurutnya justru dari warga daerah lain yang biasanya dibuang dengan memakai sarana mobil atau sepeda motor.

“Saya pernah melihat sendiri di pagi hari ada beberapa motor dan mobil silih berganti membuang sampah di sini. Bahkan ada bus-bus yang melintas kemudian membuang sampah di sini. Mereka justru bukan warga kami,” lanjut Amanat.

Sementara Camat Paliyan, Marwatahadi menyatakan selain untuk menciptakan lingkungan yang bersih gotong-royong ini merupakan salah satu bentuk kerja sama antara Muspika Paliyan dengan Pemerintah Desa Karangasem. Ia berharap dengan pembersihan sampah ini warga dapat menjadi sadar akan arti kebersihan lingkungan.

“Meski lokasi ini di tengah hutan, tapi tempat ini bukan tempat pembuangan sampah. Nantinya kami minta akan adanya pengawasan yang ketat agar area ini tidak lagi dijadikan tempat sampah. Selanjutnya kita juga harus tanggap untuk mempersiapkan lahan dan cara untuk mengatasi hal ini demi terciptanya lingkungan di Kecamatan Paliyan yang bersih dan sehat,” ucap Marwatahadi. (Sumaryanto/Hfs)

Komentar

Komentar