Merah Putih Terbentang di Laut Gunungkidul 

oleh -
iklan dispar
image
Pengibaran bendera merah putih di bawah laut

TEPUS,(KH)–Kemeriahan hari kemerdekaan bagi Bangsa Indonesia ternyata mengundang berbagai cara masyarakat untuk menunjukan jiwa nasionalis yang tinggi bagi negara dan perjuangan pahlawan. Ada yang berbeda dengan cara pembentangan sang saka merah putih di pantai selatan. Bila sebelumnya pengibaran bendera merah putih rutin dilakukan anggota tim SAR di tengah laut, kini ada pengibaran bendera di bawah laut tepatnya di Pantai Nglambor, Desa Tepus, Senin (17/08) pagi. Pembentangan bendera tersebut dilakukan salah satu pengelola wisata setempat guna merayakan hari kemerdekaan Bangsa Indonesia. 

Puluhan pengelola wisata bawah laut berhasil membentangkan bendera merah putih di dalam air dengan kedalaman sekitar 3 meter pada pukul 08.00 pagi. Tidak hanya melibatkan pengelola, sejumlah wisatawan turut meramaikan dan turut mengibarkan bendera di dalam laut.  Menurut panitia penyelenggaran, Adhitya Putratama ini merupakan kado bagi Bangsa Indonesia yang kini berulang tahun ke-70. 

Dikatakannya, kegiatan pembentangan bendera merah putih sengaja dilakukan di dasar laut Pulau Benan, dengan tujuan agar masyarakat setempat yang memiliki keindahan pantai dan dasar laut itu, dapat memaknai hari kemerdekaan. Makna kemerdekaan itu diharapkan bisa dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, kegiatan ini juga sebagai apresiasi atas dukungan masyarakat Benan terhadap upaya komunitas, dalam melakukan kegiatan pelestarian lingkungan.

“Ini juga merupakan kampanye pelestarian lingkungan, agar jiwa cinta negara bisa kita praktekkan dalam kehidupan sehari-hari,” ucapnya. 

Dalam pembentangan bendera merah putih sekitar 30 menit tersebut, pengelola dan wisatawan sembari menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Seluruh peserta menggunakan alat selam sederhana.(Maria Dwianjani)

Posted from WordPress for Android

Komentar

Komentar