Menikmati Pemandangan Dari Puncak Mercusuar Baron

oleh -
Pemandangan dar puncak Mercusuar Pantai Baron. KH/ Edo
iklan dispar

TANJUNGSARI, (KH) – Gunungkidul memang dikenal dengan wisata alamnya. Keindahan Perbukitan karts yang membentang luas, seperti tak pernah ada habisnya untuk dibicarakan. Ada banyak pilihan untuk menikmati indahnya pemandangan alam dari atas bukit atau tebing seperti Tebing Kesirat, puncak kosakora, bukit pantai sarangan dan lainnya. Berbeda lagi dengan yang satu ini, menikmati panorama alam Gunungkidul dari ketinggian yang tidak biasa, yaitu dari Mercusuar Pantai Baron.

Mercusuar Pantai Baron ini berdiri di atas bukit sisi timur pantai Baron.  Awalnya mercusuar tersebut dibangun  hanya menara suar yang berupa tiang-tiang seperti halnya tower pemancar sinyal TV maupun selular, namun tahun 2014 Direktorat Navigasi Pelayaran Ditjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan menyelesaikan pembangunan mercusuar setinggi 40 meter ini.

Salah satu wisatawan asal Bantul, Lucky (20) mengatakan, bahwa takjub dengan pemandangan alam Gunungkidul yang dilihat dari puncak mercusuar ini, ia mengatakan baru pertama kali berkunjung ke mercusuar ini.

“Ternyata memang indah pemandangannya dari puncak sini, saya bisa melihat hamparan pegunungan dan juga lautan yang sangat luas,” Jelasnya, Selasa, (23/2/2016).

Untuk menuju Mercusuar Pantai Baron ini ada dua rute bisa ditempuh, pertama dengan menaiki bukit sebelah kiri Pantai Baron. Kedua, dengan memilih jalan berbatu, yaitu dari tempat pemungutan retribusi tersebut, ambil jalan ke arah pantai Kukup, nanti saat jalan menanjak akan ada jalan belok ke kanan, ikuti jalan berbatu tersebut yang akan mengantarkan sampai parkiran mercusuar Pantai Baron.

Untuk menaiki mercusuar wisatawan dikenakan biaya retribusi masuk sebesar Rp.5.000,00. Dianjurkan, wisatawan membawa bekal air mineral karena pada saat menaiki tangga memutar ke atas cukup menguras tenaga.

Sampai di atas wisatawan bisa melihat ke segala arah, pemandangan laut, deretan pantai, sampai pegununguan Sewu Gunungkidul yang berada di sebelah utara mercusuar. Jika memandang jauh ke timur kita bisa melihat deretan pantai Indrayanti sampai Kukup. Memandang ke arah barat, tentu saja terlihat pemandangan Pantai Baron, Bukit Baron Tecno Park dan pantai tersembunyi di sebelah Baron, yaitu Pantai Kayu Arum. (Edo)

Komentar

Komentar