Mendikbud Ajak Cancut Taliwondo Untuk Pendidikan Berkualitas

oleh -
Upacara Hardiknas 2017 di alun-alun Wonosari Gunungkidul.
kadhung tresno
Upacara Hardiknas 2017 di alun-alun Wonosari Gunungkidul.

WONOSARI, (KH)— Upacara bendera memperingati Hari Pendidikan Nasional, (Hardiknas), Selasa, (2/5/2017) digelar di alun-alun Pemkab Gunungkidul. Dalam pelaksanaannya Wakil Bupati (Wabup) Gunungkidul, DR Immawan Wahyudi bertindak sebagai Inspektur Upacara.

“Dalam pemikiran Ki Hajar Dewantara, dasar pendidikan yang disebut Panca Darma meliputi azas kemerdekaan, kodrat alam, azas kebudayaan, azas kebangsaan, dan azas kemanusiaan,” urai Wabup membacakan sambutan Mendikbud, Muhadjir Effendy.

Selain itu, lanjut Immawan, Tri Pusat pendidikan merupakan hal yang harus kita ketahui, yaitu mencakup lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat. Ketiganya saling berubungan dan tidak terpisahkan.

Kemudian dalam hal kepemimpinan pendidikan, Ki Hajar Dewantara mengajukan konsep laku telu yakni, Ing Ngarso Sung Tulodho, Ing Madyo Mangun Karso,dan Tut wuri Handayani, yang artinya apabila di depan member teladan, apabila di tengah member ilham (inspirasi) dan apabila di belakang member dorongan.

Sambung Wabup, ketiga peran tersebut harus dilaksanakan secara seksama, baik bergantian maupun serentak dalam tampilan sosok pemimpin yang utuh. “Disinilah kita diingatkan untuk tidak memenggal dan menerapkan sepenggal-sepenggal tiga laku kepemimpinan dalam praksis pendidikan Ki Hadjar Dewantara,” urai Wabup.

Agaknya, Immawan melanjutkan, laku telu perlu dihayati kembali oleh insan pendidik. Dunia pendidikan mengalami krisis keteladanan dan praktek pendidikan tidak lagi menginspirasi. Sementara dari arah belakang, kepemimpinan pendidikan tidak disertai pemberian arah dan halauan untuk peserta didiknya.

“Akhirnya, mari kita cancut taliwondo demi terwujudnya pendidikan berkualitas yang merata di seluruh Indonesia,” ajak Mendikbud sebagaimana dibacakan Wabup, Immawan.

Upacara bendera yang diselenggarakan dihadiri Forkompinda, Kepala OPD, pejabat di Disdikpora, diikuti pelajar serta Korpri di lingkungan Pemkab Gunungkidul. (Kandar)

Komentar

Komentar