Longsor di Patuk, Ruas Jalan Kabupaten Tertutup

oleh -
Petugas gabungan dan warga memberi rambu di sekitar batu besar yang longsor menutup jalan. (foto: istimewa)

PATUK,(KH),– Bencana tanah longsor kembali terjadi di Gunungkidul. Longsor terjadi di Padukuhan Nglanggeran Kulon, Kalurahan Nglanggeran, Kapanewon Patuk, Selasa (9/2/2021) malam sekitar pukul 23.00 WIB.

Akibat longsoran ini, ruas Jalan Kali Penthung-Nglanggeran tertutup. Sementara ini ruas dari arah Doga-Nglanggeran Kulon ditutup dan dipasangi garis polisi.

Dari berbagai data yang berhasil dikumpulkan, longsoran terjadi akibat hujan deras yang mengguyur kawasan Kapanewon Patuk pada hari Senin (8/2/2021) dari siang sampai sore hari. Akibat resapan dan kikisan air hujan menyebabkan sebuah batu besar jenis Andesit mengalami longsor pada pukul 23.15 WIB. Longsoran ini menyebabkan badan jalan tertutup sehingga tidak bisa di lewati kendaraan.

Setelah menerima laporan warga, malam tadi Tagana, Babinsa, Bhabinkamtibmas Polsek setempat, Pamong kalurahan Nglanggeran dan warga masyarakat mendatangi lokasi kejadian dan membuat rambu rambu pengaman jalan.

Karena bencana ini terjadi di malam hari, maka diputuskan rencana evakuasi material longsor akan dilakukan pagi ini. Pihak Kalurahan Nglanggeran sementara ini sudah menghubungi dan berkoordinasi dengan Badan Pengendali Bencana Daerah (BPBD) BPBD Kabupaten Gunungkidul dan relawan dalam rangka persiapan evakuasi.

“Evakuasi akan menggunakan alat berat guna mengangkat batu yang besar,” Kata KSPKT Polsek Patuk, Aiptu Jaenuri.

Dari pengamatan di lokasi, jika terjadi hujan deras lagi, masih berisiko terjadi longsor susulan. [Edi Padmo]

Berbagi artikel melalui:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Komentar

Komentar