Longsor di Gedangsari Timpa 3 Rumah Warga

oleh -
iklan dispar

GEDANGSARI,(KH) — Hujan yang mengguyur sebagian wilayah Gunungkidul pada hari, Senin  malam (09/02/2015) membuat tiga rumah warga Ngalang, Gedangsari rusak akibat tanah longsor. Tiga rumah warga milik Paingan (45), Kuwadi (40), dan Sutiyono, warga Padukuhan Boyo RT 02 / RW 01 Ngalang Gedangsari mengalami kerusakan akibat tanah longsor yang menimpa rumah mereka.

Longsor terjadi di malam hari saat hujan lebat yang mengguyur Gedangsari Senin malam. Paingan (40), salah satu korban menyebutkan, longsor terjadi sekitar pukul 19.30 WIB. Saat itu ia sekeluarga belum tidur, karena setiap hujan datang, kekhawatiran akan longsor menghantui warga sekitar. “Setiap hujan saya bersiaga dan tidak tidur sampai hujan berhenti, karena rumah berada di bawah perbukitan,” katanya.

Sementara itu Kades Ngalang Kardi mengatakan, di Desa Ngalang terdapat beberapa daerah rawan longsor. Saat ini masyarakat sudah membantu membersihkan puing-puing bangunan. Ia berharap kepada masyarakat yang berada di kawasan rawan longsor untuk dapat pindah ketempat yang lebih aman.

Sosialisasi sudah dilakukan baik dari desa maupun kecamatan untuk tidak menempati daerah rawan bencana. Namun sebagian warga masih tetap tinggal disana, dengan alasan rumah tinggalan orang tua dan lain sebagainya.

“Pihak kecamatan juga sudah berkali-kali menyampaikan sosialisasi untuk membangun rumah di tempat yang lebih aman. Juga bersedia mencarikan bantuan untuk pendirian rumah bagi warga yang tidak mampu,” pungkasnya. (Atmaja).

Komentar

Komentar