Lomba Menulis Cerpen Guna Promosikan Wisata Gunungkidul

oleh -
Lomba Menulis Cerpen Wisata Gunungkidul 2016
iklan dispar
Lomba Menulis Cerpen Pariwisata Gunungkidul 2016
Lomba Menulis Cerpen Pariwisata Gunungkidul 2016

WONOSARI, (KH)– Perlombaan menulis cerpen kini tengah diselenggarakan sebagai bagian untuk mempromosikan kepariwisataan Gunungkidul. Hajadan ini diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Gunungkidul bersama Gunung Sewu Unesco Global Geopark.

Tema yang diambil sebagai materi penulisan naskah cerpen adalah pariwisata Gunungkidul. Sebagai bentuk apresiasi, penulis cerpen terbaik akan diberikan hadiah berupa uang sebesar Rp 2 juta.

Sementara cerpen terbaik kedua dan ketiga, masing-masing akan mendapatkan hadiah uang sebesar Rp 1,5 juta dan Rp 1 juta.

Bagi masyarakat yang berminat, naskah cerpen bisa dikirimkan melaui surat elektronik yang ditujukan pada panitia mulai tanggal 5 hingga 22 September 2016. Sementara pemenang lomba akan diumumkan pada akhir bulan ini, 24 September 2016.

Peserta lomba tidak dibatasi faktor usia dan tidak terikat sebatas penduduk lokal Gunungkidul. Semua masyarakat umum dan berkewarganegaraan Indonesia diijinkan mengikuti perlombaan ini.

Sebagai syarat utama, naskah cerpen haruslah bebas dari hak cipta kecuali hak cipta dipegang oleh pengarang sendiri sebagai peserta lomba. Nantinya cerpen-cerpen tersebut akan dijadikan media promosi wisata Gunungkidul.

Penilaian naskah cerpen akan dilakukan oleh beberapa juri. Tiga diantaranya adalah mereka yang berprofesi sebagai guru, penulis, dan jurnalis.

Calon peserta yang saat ini tengah mengumpulkan materi cerpen untuk mengikuti lerlombaan adalah Panufa. Laki-laki yang tinggal di Kecamatan Wonosari ini cukup semangat mengikuti event meski ia sendiri tak yakin nantinya bisa keluar sebagai pemenang.

“Yang penting menulis saja, entah bagaimana hasilnya yang pasti akan berusaha menyelesaikan naskah dulu,” ucap Panufa.

Selain bermanfaat sebagai media promosi wisata Gunungkidul, event ini bisa dimanfaatkan oleh para penulis Gunungkidul sebagai wadah untuk menyalurkan kreativitas di bidang tulis-menulis khususnya bidang sastra. (S.Yanto).

Komentar

Komentar