Lomba Masak Warnai Gebyar Idul Adha 1438 H Di Matsmuri

oleh -
lomba masak dalam rangka Idul Adha di MTs Muh. Wonosari.
kadhung tresno
lomba masak dalam rangka Idul Adha di MTs Muh. Wonosari.

WONOSARI, (KH),– Idul Adha adalah momen Hari Raya Umat Islam (10 Dzulhijjah) yang memberikan makna dan pengertian berupa nilai-nilai pengorbanan yang di angkat dari sejarah dan kisah Nabi Ibrahim. Dimana ia bersedia untuk mengorbankan putranya Ismail untuk Allah, kemudian digantikan oleh-Nya dengan domba.

Pada hari raya ini, umat Islam berkumpul pada pagi hari dan melakukan shalat Ied bersama-sama di tanah lapang atau masjid seperti ketika merayakan Idul Fitri. Setelah shalat, dilakukan penyembelihan hewan kurban, untuk memperingati perintah Allah kepada Nabi Ibrahim yang menyembelih domba sebagai pengganti putranya.

Sabtu (2/9), Untuk meneladani Nabi Ibrahim tersebut, Siswa – Siswi beserta Guru dan Karyawan MTs Muhammadiyah Wonosari (Matsmuri) mengadakan penyembelihan Hewan Kurban sejumlah 10 ekor kambing. Dari 10 ekor kambing  4 diantaranya  di salurkan ke 4 SD, sementara 6 ekor kambing di sembelih di madrasah untuk lomba masak siswa-siswi dalam rangka latihan kurban dan menyemarakkan hari raya Idul Adha tahun ini.

“Kegiatan ini dimaksudkan agar para siswa mengetahui tentang sejarah dan kisah Nabi Ibrahim yang bersedia menjalankan perintah Allah SWT untuk mengorbankan putranya Ismail sebagai wujud ketaqwaan kepada Allah. Kemudian dengan latihan berkurban ini diharapkan para siswa semakin dapat mendekatkan diri dan bertaqwa kepada Allah.” ucap Waka Humas Matsmuri, Wahyudiyono, M.Pd.I.

Kegiatan ini berjalan lancar, para siswa sangat antusias dalam mengikuti lomba memasak di halaman madrasah. Sate, tongseng, dan rendang menjadi menu andalan para siswa yang terbagi menjadi 27 kelompok untuk di sajikan dan dinilai oleh para dewan juri. Selain itu ada juga masakan Iga Bakar, dan masakan ala negara barat yaitu steak.

“Dengan bumbu yang sederhana diserati ketrampilan siswa ternyata masakan anak-anak sungguh luar biasa, terasa enak dan pas di lidah” ujar Ifa Solikatin, S.Pd.I salah satu juri dalam lomba masak tersebut. (Kandar)

Komentar

Komentar