Lima Belas Kelompok Jamaah Masjid Ramaikan Lomba Takbir

oleh -
iklan dispar

WONOSARI, kabarhandayani.– Sebanyak 15 kelompok yang diisi jamaah, takmir masjid, dan santri TPA akan meramaikan perhelatan lomba pawai takbiran dan lampion yang akan dipusatkan di Masjid Agung Al-Iklas Wonosari, pada Minggu malam (27/7/2014).
Indra, salah satu panitia perlombaan menuturkan jumlah peserta pada tahun ini mengalami penurunan dari tahun sebelelumya. Penurunan ini dipengaruhi adanya regrouping jamaah yang terjadi di beberapa masjid.
“Biasanya jumlah peserta sekitar 20 kelompok jamaah. Tahun ini hanya 15 peserta karena beberapa masjid melebur jadi 1 membawa nama desa bukan nama jamaah,” jelas Indra, (27/7/2014).
Meski terjadi pengurangan jumlah kelompok peserta, Indra tetap yakin perhelatan pawai takbir ini akan tetap banyak dan semarak. Beberapa jamaah dari luar Wonosari juga akan ikut menyemarakkan acara takbir keliling.
“Saya yakin tetap semarak bahkan lebih semarak dari tahun lalu. Jumlah kelompok peserta memang berkurang, tapi jumlah anggota atau individu dalam 1 kelompok kan lebih banyak juga karena terjadi regrouping,” lanjut Indra.
Hingga pagi ini para peserta telah mempersiapkan semua atribut dan perlengkapan lomba. Berbagai karya seni semacam gunungan nantinya juga akan ikut menghiasi jalannya pawai perlombaan. Karya seni yang bakal disuguhkan diantaranya replika bangunan Kabah dari Padukuhan Pandansari dan beduk raksasa di Masjid Al-Amin yang bakal diusung oleh Jamaah Islam Gadungsari.
Selain peserta dari Wonosari, ada beberapa kelompok jamaah dari luar wilayah Wonosari yang akan ikut meramaikan acara ini. Indra yakin, keikutsertaan mereka akan menambah suasana semakin semarak, “Ada kelompok perserta dari Nglambar, Nglegi, Patuk. Jadi malam nanti jangan lewatkan untuk ikut takbir bersama kami meski tidak mengikuti perlombaan. Mari datang, saksikan, dan takbir bersama kami,” lanjut Indra.
Perlu diketahui, perlombaan takbir keliling dan lampu lampion akan diawali sekitar pukul 19.00 WIB dan akan dilepas oleh Bupati Gunungkidul, Wakil Bupati beserta jajaran Muspida Gunungkidul. Sesuai rencana, rute perlombaan akan dimulai dari Masjid Agung Al-Ikhlas ke arah utara menuju perempatan Rumah Sakit Umum Daerah Gunungkidul dan markas Kodim menuju Jalan Sumarwi. Dari lampu lalu lintas Jalan Sumarwi kemudian belok ke arah barat menuju garis finish di depan Pasar Argosari Wonosari. Perlombaan ini akan memperebutkan trophy Bupati dan Wakil Bupati serta uang pembinaan. (Maryanto/Hfs)

Komentar

Komentar