Lebaran Masih 3 Minggu, Emas Mulai Laris

oleh -
iklan dispar

WONOSARI, kabarhandayani.– Transaksi jual beli di sejumlah toko emas di Wonosari naik turun dalam beberapa hari ini. Meski sedang masa pendaftaran sekolah dan jelang lebaran, animo masyarakat untuk berbelanja perhiasan tetap besar.

Tidak menjadi sebuah batasan masyarakat yang senang berbelanja emas baik untuk investasi ataupun hanya untuk perhiasan pribadi. Masyarakat tetap antusias meskipun saat ini memasuki masa pendaftaran sekolah.

Seorang karyawan toko emas Bintang Sembilan, Tri Astuti, mengatakan, saat ini di toko emas tempat Ia bekerja prosentase jumlah pembelian emas cenderung lebih tinggi dibandingkan yang hendak menjualnya. “Permintaan masyarakat akan emas meningkat 45% dari bulan sebelumnya. Meski sekarang lagi rame-ramenya daftar sekolah anak, ternyata masih banyak yang beli emas,” katanya, Senin (07/06/14).

Sebagian besar pengunjung tampak membeli kalung, cincin maupun gelang emas. Pihaknya memprediksi peningkatan itu akan terus terjadi sampai H-3 Lebaran. Adapun saat ini harga emas di Gunungkidul tetap stabil.

Sementara itu, menurut seorang warga pembeli emas, Ratih (35), dirinya lebih memilih membeli emas saat ini untuk mengakali harga. Menurutnya, harga emas akan mengalami kenaikan saat mendekati pucak hari raya. “Lebih baik membeli sekarang sebab, mendekati lebaran nanti pasti harganya akan naik,” kata warga Karangmojo itu.

Berbeda dengan toko emas Bintang Sembilan, di toko emas Semar justru pembeli terlihat sepi hal ini di ungkapkan oleh karyawan toko emas Semar Eko (36). Kepada KH, Eko mengatakan pengunjung yang datang akhir-akhir ini turun 50%. “Antara pembelian dan penjualan saat ini lebih banyak emas yang dijual. Mungkin karena bareng dengan waktunya anak masuk sekolah,” katanya.

Warni (40), warga Semanu menuturkan, Ia membutuhkan dana untuk menyekolahkan anaknya yang akan masuk ke perguruan tinggi sehingga memutuskan untuk menjual beberapa gram perhiasan emasnya. “Saya jual 5 gram untuk tambahan uang masuk kuliah anak saya. Namun jika musim panen nanti saya akan kembali membeli emas untuk investasi lagi,” kata Warni. (Atmaja/Hfs)

Komentar

Komentar