KKN UAD Ajak Warga Paliyan Bikin Makanan Olahan Ketela

oleh -
iklan dispar
kkn uad
Suasana lomba masak berbahan baku ketela. Foto : Atmaja.

PALIYAN, (KH) — Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Tahun 2015 mengadakan acara perpisahan dengan mengadakan gebyar pesta rakyat Paliyan. Terdapat beberapa perlombaan dalam acara perpisahan tersebut, salah satunya perlombaan memasak berbahan baku ketela.

KKN UAD yang telah selesai dilaksanakan selama 1 bulan di Kecamatan Paliyan. KKN memberikan beberapa pendampingan dan inovasi baru kepada masyarakat Kecamatan Paliyan.

Koordinator KKN UAD Kecamatan Paliyan, Ahmad Firdaus mengatakan, selain menjalankan tugas pada KKN kali ini, terdapat tugas mengembangkan pemberdayaan masyarakat Kecamatan Paliyan. “Adanya hasil bumi yang cukup baik seperti ketela, dapat dimaksimalkan untuk meningkatkan kesejahteraan warga,” katanya, Minggu (15/02/2015).

Ia menjelaskan, dalam pemberdayaan penduduk mengembangkan ketela yang banyak ditanam oleh petani di Kecamatan Paliyan. Menurutnya, ketela akan lebih menguntungkan, jika dijadikan makanan olahan.

“Butuh pendampingan agar program olahan ketela ini tetap berjalan. Selama ini warga hanya menjual ketela kepada pengepul dengan harga rendah,” jelasnya

Dengan adanya lomba memasak berbahan baku ketela tersebut, diharapkan muncul inovasi baru dari olahan ketela. Ibu-ibu peserta lomba sebelumnya sudah diberikan pendampingan dan arahan agar hidangan ketela dapat divariasi; agar semakin menarik perhatian untuk dikonsumsi.

Ia berharap, adanya KKN UAD 2015 dapat memberikan tinggalan tersendiri dan dapat memberikan kesejahteraan bagi warga. “Kami akan melakukan pendampingan dengan mengajak kembali kelompok produk olahan makan untuk mengikuti sosialisasi yang kami adakan di kampus UAD,” tandasnya. (Atmaja/Tty)

Komentar

Komentar