Kemarau Tiba, Tanaman Jagung Masih Berbunga

oleh -
iklan dispar

WONOSARI, kabarhandayani.– Curah hujan yang mulai berkurang menjelang musim kemarau menjadikan sebagian tanaman jagung mengering sebelum buahnya tua. 

Warno Wiryo (65), warga Padukuhan Wareng 4, Desa Wareng, Kecamatan Wonosari, Gunungkidul menjelaskan, ada beberapa pohon jagung yang mengering padahal baru berunga. Meskipun begitu, ia menjelaskan tanaman jagung musim ini lebih baik dibandingkan musim panen yang lalu. 

Warno menjelaskan, hasil panen diperkirakan lebih bagus karena curah hujan tidak banyak sehingga tidak membuat akarnya membusuk. Dari 5 kg benih jagung yang ia tanam di ladang seluas 3,2 hektar diperkirakan memperoleh 2,5 kwintal. “Kalau untuk pakan ini bagus, tetapi kalau buahnya ya belum tentu,” jelasnya. 

Hal serupa juga diungkapkan oleh Ngasidi (45) warga Playen yang mempunyai lahan di Padukuhan Kedungdowo Wetan, Desa Pmpang, Kecamatan Paliyan menjelaskan tanaman jagungnya musim ini diperkirakan akan lebih bagus. “Kemarin menanam 1 kg di lahan seluas 1 hektar. Kalau untuk pakan ternak ini bagus, tetapi buahnya belum tahu, semoga bagus juga,” ujarnya. (Mutiya/Hfs)

Komentar

Komentar