Karena Covid-19, RT Ini Menjadi Satu-Satunya di Gunungkidul yang Terbitkan Dan Kelola Website

oleh -
Launching website RT 05 Ledoksari, Kepek, Wonosari oleh Lurah, Bambang Setiawan BS. (dok. RT 05 Ledoksari)
iklan upk panggang pelantikan bupati iklan upk panggang

WONOSARI, (KH),– RT 05, Dusun Ledoksari, Kalurahan Kepek, Kapanewon Wonosari, Gunungkidul menjadi satu-satunya RT di Gunungkidul yang menerbitkan dan mengelola website. Website dengan alamat www.rt05ledoksari.com setidaknya telah sepekan ini dilaunching.

Wakil RT 05, Isdiyantoro ketika dihubungi mengungkapkan, ada cerita unik dibalik pembuatan website ini. Kemunculannya diakibatkan adanya salah satu keluarga di Rukun Tetanga (RT) setempat yang terkena Covid-19.

“Usai ada warga kami yang positif Covid-19 kami bentuk dan aktifkan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 tingkat RT. Selain menjadi penanggungjawab dan pusat koordinasi upaya-upaya penanganan, tim juga menjadi wadah yang mengelola dana penanganan,” papar Isdiyantoro, Senin (18/1/2020).

Menyusul munculnya kasus Covid-19 di wilayah setempat pengurus RT lantas meniadakan berbagai pertemuan kegiatan RT. “Kemudian kami mencari solusi agar perkembangan informasi dan edukasi seputar penanganan Covid-19 ke warga tetap berjalan efektif tanpa pertemuan. Lantas karena kebetulan ada warga kami yang paham soal bloging maka dibuatlah web atau blog RT itu,” imbuh lelaki berusia 40 tahun ini.

iklan asosiasi upk
iklan pemkab gunungkidul

Website, kata dia, belakangan ini fokus digunakan untuk menyampaikan informasi dan laporan penanganan Covid-19 di wilayah setempat. Website dinilai lebih efektif. Keunggulan website diantaranya yakni konten yang diaploud akan terdokumentasi dengan baik.

“Konten-konten yang lain, seperti kegiatan ibu PKK, Dasawisma dan informasi program kegiatan dari pemerintah kalurahan dan instansi di atasnya lantas menyusul turut dipublikasikan,” imbuh pendidik di SD Piyaman 2 ini.

Meski dikelola oleh lingkup RT, website yang diluncurkan bukan yang gratis. Tetapi ada biaya operasional  tiap tahun.

Pembuatan website ini dinilai sangat bermanfaat. Sebab, tiap rumah di RT ini telah memiliki gadget untuk mengaksesnya.

Setidaknya ada 3 orang yang bertugas menjadi admin pengelola website tersebut. Diantaranya Ketua RT, Rudianto, Bendahara RT, Triyono, M.Pd lantas Isdiyantoro sendiri. Mereka bertugas menyunting konten yang dikirim oleh masyarakat atau organisasi di bawah RT seperti Dasawisma.

Lurah Kepek, Bambang Setiawan BS mengapresiasi peluncuran website milik salah satu RT di wilayahnya itu.

“Selamat atas launching website RT. Kami berharap website memberi banyak manfaat dengan berbagai informasi yang dipublikasi. Lebih cepat dan dan transparan,” kata dia. (Kandar)

iklan lurah rongkop
Berbagi artikel melalui:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Komentar

Komentar