Karang Taruna Bejiharjo Wakili Gunungkidul Lomba Tingkat DIY

oleh -
iklan dispar

KARANGMOJO, kabarhandayani.– Desa Bejiharjo selin terkenal dengan Goa Pindul tenyata memiliki organisasi karang taruna yang kreatif, inovatif dan solid di Gunungkidul. Tak heran jika pada tahun ini Karang Taruna Tarina Bhakti Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo menjadi wakil Gunungkidul dalam Lomba Karang Taruna Berprestasi Tingkat Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). 

Pada Jumat (13/6/2014) pagi karang taruna Desa Bejiharjo mendapatkan giliran untuk dinilai tim juri lomba karang taruna berprestasi DIY. Tim juri DIY dipimpin oleh Drs. Riswanto, MSi melakukan penilaian adminsitrasi karang taruna Desa Bejiharjo dan melakukan penilaian lapangan dari kegiatan Usaha Ekonomi Produktif (UEP), kegiatan Rekreasi, Olahraga dan Kesenian (ROK), kegiatan Usaha Kesejahteraan Sosial (UKS). 

Drs. Riswanto, Msi menjelaskan, di Karang Taruna Taruna Bhakti Bejiharjo adalah penilaian terakhir setelah sebelumnya 4 karang taruna di DIY dinilai. Dalam lomba karang taruna berprestasi tahun ini yang diselenggarakan oleh Dinas Sosial DIY untuk tingkat DIY disediakan hadiah total Rp. 15.000.000,00. Bagi juara satu nantinya akan mengikuti lomba tingkat Nasional.

“Karang Taruna Bejoharjo sudah bagus baik administrasi maupun kegiatannya, namun tetap perlu dipertahankan dan dijaga serta ditingkatkan menjadi lebih baik,” jelasnya.

Yudan Hermawan (24) Ketua Karang Taruna Taruna Bhakti Desa Bejiharjo menjelaskan, kegiatan Karang Taruna Bejiharjo semuanya nyata, bukan didesain dalam rangka lomba saja. Kegiatan unggulan Karang Taruna Bejiharjo diantaranya untuk UEP meliputi; pengelolaan desa wisata Bejiharjo, usaha kerajinan blangkon, kerjainan lampion dan dekorasi. Untuk kegiatan UKS meliputi; Program Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS), Sanggar Sekar Jagad, Taman Bacaan Masyarakat, Omah Pasinaon dan Forum Anak Desa. Untuk kegiatan ROK meliputi pembinaan kegiatan olahraga masyarakat, pelestarian reog dan karawitan serta mendukung pencanangan Bejiharjo sebagai Desa Budaya.

Selain tiga kegiatan utama Yudan menambahkan kegiatan Karang Taruna Taruna Bhakti Desa Bejiharjo lainnya adalah kegiatan kerohanian dan bina mental serta kegiatan lingkungan hidup.

“Sebagai wujud menjaga lingkungan program karang taruna setiap tanggal 13 kita giatkan warga se Desa Bejiharjo kerja bakti di sekitar lingkungannya masing-masing. Kami memiliki semboyan semangat muda membara untuk membangun desa, lomba ini hanya sebagai bonus kegiatan kami yang paling utama adalah bekerja dan berkarya untuk masyarakat,” pungkas Yudan.

Dalam penilaian lomba selain menilai administrasi dan pemaparan ketua karang taruna, tim juri juga melakukan kunjungan ke lokasi kegiatan karang taruna. Lokasi yang dikunjungi yaitu; Omah Pasinaon, Sentra Usaha Blangkon, Sanggar Sekar Jagad dan Wirawisata Goa Pindul. (Hery_Fosil/Redaksi)

Komentar

Komentar