Kado Senja Uluwatunya Gunungkidul

oleh -
Pantai Bekah dengan pemancing. Foto : Hari
iklan dispar
Pantai Bekah di Purwosari Gunungkidul. Foto: Hari.
Pantai Bekah di Purwosari Gunungkidul. Foto: Hari.

PURWOSARI, (KH) — Satu lagi surga di Kabupaten Gunungkidul. Lokasinya terletak di Padukuhan Temon, Desa Giripurwo, Kecamatan Purwosari. Agak berbeda dengan surga pantai di Gunungkidul, surga yang satu ini adalah laut yang bersinggungan langsung dengan daratan yang dibatasi oleh tebing bebatuan.

Laut Bekah namanya, surga indah dengan tebing yang menjulang tinggi. Jika pernah berkunjung ke Uluwatu yang terletak di Pulau Dewata Bali, sebuah pura di atas tebing cantik dengan pemandangan lautan biru luas di depan mata, Laut Bekah yang berada di Gunungkidul ini hampir mirip seperti Uluwatu; hanya saja tidak ada pura melainkan pondokan pondokan dan juga tempat spot memancing yang tertata rapi.

Laut ini adalah salah satu tempat favorit bagi para penggemar memancing. Dedik salah satunya, warga Kabupaten Bantul ini sudah ke-tiga kalinya memancing di Laut Bekah bersama putra semata wayangnya dan sahabatnya Sunu. Dedik menuturkan, ikan ikan yang ada di laut bekah besar besar seperti ikan kampur, kakap merah, ikan kerapu macan dan masih banyak ikan lainya. Hal ini bisa terjadi karena laut Bekah merupakan laut yang dalam.Sabtu (14/3/15)

Jalur yang dilalui untuk sampai di laut Bekah memang cukup jauh dan lumayam ekstrem. Dari plang yang dipasang di pinggir jalan aspal, masuk melewati jalan cor blok sepanjang beberapa kilometer setelah itu masih harus melewati jalanan terjal yang belum dicor blok maupun diaspal dengan medan naik turun sepanjang 4 km. Setelah itu, kembali melewati jalan cor blok yang tidak begitu jauh; dan sampailah di Laut bekah. Perjuangan dalam perjalanan melewati berbagai medan sebanding dengan keindahannya. Selain sebagi spot memancing , saat sore hari juga cocok sebagai tempat melihat matahari terbenam atau sunset .

“Sambil mancing sekalian lihat sunset , soalnya dari sini bagus viewnya, karena dari tebing yang tinggi, di sini juga bersih tempatnya dan sudah lumayan lengkap; ada pondokan buat istirahat sejenak dan berteduh saat memancing,” ungkap Dedik.

Karena bukan tempat wisata seperti umumnya , tidak mudah mencari makanan di laut Bekah. hampir tidak ada warung di area laut Bekah. Jadi, jika ingin berlama lama di laut bekah untuk memancing maupun melihat terbenamnya matahari, harus membawa bekal. Kalaupun ada warung, berada di jarak berkilo kilo meter jauhnya.

“Harapannya, semoga ada pembangunan atau perbaikan jalan dan pembangunan warung makan, biar makin banyak pengunjung dam makin nyaman kalau pas mancing di sini,” pungkas Dedik. (Hari)

Komentar

Komentar